Kesehatan

Alasan Kompres Dingin Tidak Disarankan untuk Mengatasi Anak Demam, Cek Moms!

Mungkin Moms ada yang masih bingung, nih, kira-kira yang benar adalah kompres dingin atau kompres hangat ya untuk mengatasi anak demam? Sebab, yang sering terjadi adalah orang tua memberikan kompres dingin untuk mengatasi anak yang terserang demam.

Perlu Moms ketahui, menurut penjelasan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) di website resminya, kompres dingin tidak direkomendasikan untuk mengatasi demam. Sebab, kompres mengguanakan air dingin atau es dapat meningkatkan pusat pengatur suhu (set point) hipotalamus yang mengakibatkan badan menggigil sehingga terjadi kenaikan suhu tubuh.

Kompres dingin pun mengakibatkan pembuluh darah mengecil (vasokonstriksi), yang meningkatkan suhu tubuh. Selain itu, kompres dingin mengakibatkan anak merasa tidak nyaman.

Maka dari itu, yang tepat adalah kompres air hangat untuk mengatasi anak demam. Masih menurut penjelasan IDAI, pemberian kompres air hangat di lipatan ketiak dan lipatan selangkangan (inguinal) selama 10-15 menit akan membantu menurunkan panas dengan cara panas keluar lewat pori-pori kulit melalui proses penguapan.

Jadi Moms jangan sampai salah, ya. Kompres hangat adalah yang tepat untuk mengatasi anak demam, bukan kompres dingin!