Baby

Tahap Perkembangan Bicara Anak 12-18 Bulan

Seiring bertambahnya usia, tentu saja kemampuan yang dimiliki anak pun semakin bertambah. Termasuk kemampuan bicara dan jumlah kosakata yang dikuasi.

Lantas, seperti apakah tahap perkembangan bicara anak usia 12-18 bulan? Moms, inilah penjelasannya, mengutip dari laman Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

Berdasarkan penjelasan IDAI, pada awal usia ini, anak biasanya sudah dapat mengucapkan 3-6 kata dengan arti, dapat mengangguk atau menggelengkan kepala untuk menjawab pertanyaan, menunjuk anggota tubuh atau gambar yang disebutkan orang lain, dan mengikuti perintah satu langkah, seperti “Tolong ambilkan mainan itu.”

Semakin bertambahnya usia, losakata anak pun bertambah dengan pesat. Pada usia 15 bulan ia mungkin baru dapat mengucapkan 3-6 kata dengan arti, tetapi pada usia 18 bulan, kosakatanya telah mencapai 5-50 kata. Lalu, pada akhir masa ini, anak sudah bisa menyatakan sebagian besar keinginannya dengan kata-kata.

Bagaimana, Moms, apakah si kecil sudah menunjukkan kalau ia sudah menguasi lebih banyak kosakata? Yuk, Moms, sering-sering beri stimulasi juga untuknya.