Baby

Tahap Perkembangan Bicara Anak 6-12 Bulan

Ada banyak tahap perkembangan anak yang perlu orang tua perhatikan, salah satunya yaitu perkembangan bicara. Moms bisa memperhatikan tahap perkembangan anak bicara sesuai usianya.

Moms yang memiliki buah hati berusia 6-12 bulan, inilah tahap perkembangan bicara anak 6-12 bulan berdasarkan penjelasan dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) di laman resminya.

Bayi Usia 6-9 Bulan

Pada usia ini, bayi mulai mengerti nama-nama orang dan benda, serta konsep-konsep dasar seperti ya, tidak, habis. Saat babbling, si kecil menggunakan intonasi atau nada bicara seperti bahasa ibunya. Ia pun dapat mengucapkan kata-kata sederhana seperti mama dan papa tanpa arti.

Bayi Usia 9-12 Bulan

Kemudian pada usia ini bayi sudah dapat mengucapkan mama dan papa (atau istilah lain yang biasa digunakan untuk ibu dan ayah atau pengasuh utama lainnya) dengan arti. Ia menengok apabila namanya dipanggil dan mengerti beberapa perintah sederhana (misal lihat itu, ayo sini).

Bayi menggunakan isyarat untuk menyatakan keinginannya, misalnya menunjuk, merentangkan tangan ke atas untuk minta digendong, atau melambaikan tangan (dadah). Ia suka membeo, menirukan kata atau bunyi yang didengarnya. Pada usia 12 bulan bayi sudah mengerti sekitar 70 kata.

Itulah, Moms, tahap perkembangan bahasa bayi usia 6-12 bulan. Apakah si kecil sudah berada di tahap tersebut? Jangan terlalu khawatir juga jika belum, karena Moms bisa memberikan bayi stimulasi yang tepat.