Growth

Tahap Perkembangan Bicara Anak 2-3 Tahun

Seiring bertambahnya usia anak, akan ada banyak perkembangan anak yang melaju pesat. Termasuk soal perkembangan bahasa atau bicara anak. Bahkan di usia ini, usia 2-3 tahun, anak-anak biasanya sedang berada di tahap cerewet atau mulai banyak tanya.

Ya, anak-anak usia 2-3 tahun mulai sering penasaran dengan dunia sekitarnya. Tak heran jika Moms dan Dads akan sering mendapat pertanyaan darinya. Jangan heran juga jika ia mengajukan pertanyaan yang cukup unik, ya.

Berdasarkan penjelasan dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) di laman resminya, setelah usia 2 tahun, hampir seluruh kata atau kalimat yang diucapkan anak dapat dimengerti oleh orang tua maupun orang dewasa lain.

Umumnya anak-anak di usia ini sudah bisa menyusun kalimat yang terdiri dari 2-3 kata. Lalu, mendekati usia 3 tahun, anak bahkan sudah bisa menyusun 3 kata atau lebih, serta mulai menggunakan kalimat tanya.

Selain itu, anak pun dapat menyebutkan nama dan kegunaan benda-benda yang sering ditemui, sudah mengenal warna, dan senang bernyanyi atau bersajak, misalnya bernyanyi Pok Ami-Ami.

Agar tahap perkembangan bicara anak 2-3 tahun berjalan lancar, diperlukan pula peran Moms dan Dads untuk memberikan stimulasi kepadanya. Moms dan Dads bisa sering mengajak anak mengobrol atau berinteraksi menggunakan bahasa yang baik dan benar agar si kecil bisa terlatih untuk menirukannya.