Growth

Tahap Perkembangan Bicara Anak 3-5 Tahun

Ada banyak perkembangan anak yang akan Moms temui seiring bertambahnya usia mereka. Begitu juga dengan tahap perkembangan bicara atau bahasa anak. Moms pasti akan takjub melihat itu semua!

Jika dibandingkan dengan usia sebelumnya, tentu saja perkembangan bicara anak usia 3-5 tahun akan melaju pesat. Berdasarkan penjelasan dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) di laman resminya, anak-anak pada usia ini sudah tertarik mendengarkan cerita dan percakapan di sekitarnya.

Anak pun sudah dapat menyebutkan nama, umur, serta jenis kelamin mereka. Tak ketinggalan, anak-anak di usia 3 hingga 5 tahun sudah mampu menyusun kalimat panjang yang terdiri lebih dari 4 kata saat ia berbicara.

Pada usia 4 tahun, apa yang anak bicarakan sepenuhnya sudah dapat dimengerti oleh orang dewasa. Anak sudah mampu menceritakan dengan lancar dan cukup rinci tentang hal-hal yang dialaminya. Wah, keren, ya, Moms!

Bagaimana dengan buah hati Moms, apakah perkembangan bahasanya di usia ini juga sudah lebih baik dari usia sebelumnya?

Moms harus waspada jika kemampuan bicara anak tidak sesuai dengan tahapan usianya. Sebab, bisa jadi ia mengalami keterlambatan bicara atau speech delay. Segera hubungi dan konsultasikan dengan pakar jika Moms melihat adanya indikasi keterlambatan bicara pada anak.