Baby

Bantu Bayi Merangkak dengan Beri Stimulasi Ini, Moms!

Sebelum berdiri dan berjalan, bayi biasanya akan merangkak. Meski demikian sebenarnya tidak semua bayi merangkak, karena ada sejumlah bayi yang tidak merangkak. Itu pun normal saja, ya, Moms.

Akan tetapi, Moms bisa membantu bayi memberikan stimulasi agar ia bisa merangkak. Stimulasi ini bisa Moms berikan sejak bayi berusia dini, bahkan sejak bulan-bulan awal kelahirannya.

Mengutip dari website resmi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), inilah sederet stimulasi bayi merangkak yang bisa dilakukan di rumah.

  1. Seringlah mengajak bayi tengkurap sejak bulan-bulan awal kelahiran. Tak perlu terlalu lama, cukup beberapa menit saja sebagai permulaan, kemudian durasinya bisa Moms tambahkan secara bertahap. Namun ingat, ya, Moms, untuk selalu dampingi bayi ketika ia sedang dalam posisi tengkurap.
  2. Untuk menumbuhkan minat bayi belajar meraih dan bergerak, letakkan mainan atau benda yang menarik di depan bayi, tapi agak jauh dari jangkauannya. Lihat apakah ia tertarik dan berusaha meraih mainan tersebut?
  3. Ketika ia sudah dapat menopang tubuhnya dengan kaki dan tangan, sesekali coba letakkan telapak tangan Anda di belakang telapak kakinya. Hal ini akan membantu bayi tetap stabil dan memberi dasar pijakan untuk mulai bergerak.
  4. Hindari gunakan baby walker. Sebab, ini dapat mengganggu perkembangan otot bayi, apalagi jika digunakan terlalu sering.
  5. Perhatikan waktu penggunaan alat bantu lain seperti kursi, bouncer, ayunan, dan gendongan. Bayi perlu mendapat cukup banyak waktu untuk bermain, bergerak, dan menjelajah secara mandiri.
  6. Jangan paksa bayi untuk belajar merangkak. Pun tidak ada patokan waktu dan cara yang baku untuk mengajarkan bayi merangkak.
  7. Selalu utamakan keamanan dan keselamatan anak. Jauhkan bayi Moms dari benda-benda yang berpotensi membahayakan dirinya.

Itulah, Moms, sederet cara yang bisa Moms usahakan untuk menstimulasi bayi merangkak. Selamat mencobanya di rumah.