Growth

Tips Optimalkan Perkembangan Bicara dan Bahasa Anak, Simak Moms!

Ada beragam perkembangan anak yang perlu orang tua perhatikan, salah satunya adalah perkembangan bicara dan bahasa. Dalam masa tumbuh kembang anak, peran orang tua pun sangat dibutuhkan untuk membantu mengoptimalkannya.

Terkait perkembangan bicara dan bahasa anak, ada beberapa cara yang bisa Moms dan Dads lakukan untuk bantu mengoptimalkannya, serta mencegah si kecil mengalami keterlambatan bicara atau speech delay.

Lantas, bagaimana sajakah cara-caranya? Nah, Moms, mengutip dari laman Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), inilah cara-cara yang bisa diterapkan di rumah bersama buah hati tercinta.

1. Membacakan Cerita untuk Anak

Ini merupakan salah satu cara yang baik untuk meningkatkan kosakata anak. Bayi dan anak kecil biasanya tertarik pada cerita yang bersajak. Sembari membaca, anak dapat diajak menunjuk gambar dan menyebut nama benda yang ditunjuk.

2. Mengajak Anak Berbicara dan Berkomunikasi

Mengobrol dengan anak bisa dilakukan sejak anak masih bayi atau bahkan sejak ia berada dalam kandungan.

Kapan pun dan di mana pun Moms berasama si kecil, katakanlah apa yang sedang terjadi, apa yang sedang Moms dan anak lakukan, serta sebutkan nama benda-benda yang ditemui atau dilihat. Kebiasaan ini dapat menjadi bekal anak dalam mengembangkan keterampilan bicara dan bahasanya. Tak lupa, sebutkanlah dengan menggunakan istilah atau bahasa yang baik dan benar, ya, Moms!

Bagaimana, Moms, mudah, kan, untuk diterapkan?