Food

Resep Capcay Restoran Bintang 5 yang Gampang Banget!

Hai aunty uncle, ketemu sama cece dan mommy di #masakbarengcece. Hari ini kita berdua mau masak capcay rasa restoran bintang 5. Yuk ikuti stepnya berikut ini

Capcay

Bahan

* Kembang kol secukupnya, dipotong kecil-kecil

* Brokoli secukupnya, dipotong kecil-kecil

* Jagung kecil / baby corn secukupnya dipotong kecil-kecil

* Sawi hijau secukupnya, dipotong-potong sesuai selera

* Sawi putih secukupnya, dipotong-potong sesuai selera

* Wortel secukupnya, dipotong serong

* Kapri secukupnya

* 1 batang daun bawang diiris tipis-tipis

* Ayam fillet secukupnya, dipisahkan tulang dengan dagingnya lalu potong dadu

* Bakso ikan secukupnya dipotong kecil-kecil

* 1 buah bawang bombai diiris tipis-tipis

* 4 siung bawang putih dicincang

* 2 ruas jari jahe dicincang

* Jamur kancing secukupnya dipotong-potong

* Gula pasir secukupnya

* 2 sdm saus tiram

* 1 sdm kecap ikan

* 2 sdm kecap asin

* 1/2 sdt minyak wijen

* Kaldu jamur secukupnya

* 2 sdm tepung maizena

Cara membuat

~ Masukkan minyak ke dalam wajan, lalu tunggu hingga panas

~ Setelah panas, masukkan bawang putih dan bawang bombai lalu jahe setelah itu tumis hingga harum

~ Masukkan daging ayam dan bakso ikan

~ Masak sampai berubah warna

~ Lalu masukkan air secukupnya

~ Masukkan wortel

~ Masukkan saus tiram, kecap ikan, kecap asin, gula dan kaldu jamur lalu aduk hingga semua tercampur rata

~ Masukkan brokoli, kembang kol, jagung aduk hingga tercampur rata

~ Tambahkan air lalu aduk

~ Masukkan jamur kancing, sawi putih, sawi hijau lalu masak hingga layu

~ Setelah layu masukkan kapri lalu aduk

~ Masukkan daun bawang dan maizena

~ Aduk-aduk hingga rata dan capcay sudah siap dihidangkan

Gampang kan moms? Dijamin deh moms rasanya seperti capcay di restoran-restoran bintang 5. Bagaimana ya keseruan cece bantuin mommy masak? Yuk lihat di video di bawah ini!

Pregnancy

Tanda-tanda Awal Kehamilan Muda, Ciri-cirinya Jarang Diketahui lho!

Hamil, merupakan salah satu anugerah terbesar bagi setiap pasangan ya moms enggak terkecuali untuk mommy sendiri. Pada waktu itu dengan keadaan yang susah banget untuk hamil, tiba-tiba mommy bisa pregnant itu anugerah terbesar di keluarga kecil kami. Jadi enggak jarang kalau kita lihat pasangan-pasangan baru, apalagi yang ingin cepat-cepat punya keturunan akan terus melihat perbedaan dan proses dari tanda kehamilan.

Memang segitu pentingnya ya untuk tahu hamil dari awal?

Ternyata, semakin cepat kita mendeteksi kehamilan dapat menyelamatkan ibu dan janin dari hal yang tidak diinginkan seperti keguguran loh moms. Tentunya juga dapat membuat ibu dan janin bisa sehat sampai pada saat kelahiran si Kecil.

Kali ini mommy mau sharing tanda-tanda kehamilan versi mommy yang sudah mengalami masa kehamilan 3x. Apa saja sih tanda-tanda kehamilan muda? Yuk simak ulasannya berikut ini moms.

Tanda-tanda kehamilan versi mommy

1. Telat datang bulan

Tanda yang pertama adalah telat haid. Biasanya haid bisa mundur hingga 5-7 hari moms. Jadi, ketika kita telat haid itu menunjukkan proses pembuahan yang sedang berlangsung yang akan berkembang jadi bakal janin. Ketika implantasi berlangsung, tubuh secara otomatis akan mengeluarkan hormon yaitu hormon hCG. Hormon hCG ini yang mendeteksi kehamilan ketika kita testpack ataupun tes darah. Hormon hCG ini juga yang akan menjaga tubuh kita selama kehamilan. Hormon hCG memerintah indung telur untuk stop memproduksi sel telur baru ketika hamil, sehingga tidak ada sel telur pecah yang akan luruh menjadi darah haid. That’s why, kenapa kalau telat haid suka dikaitkan dengan tanda kehamilan muda. Tapi moms, enggak semua telat datang bulan merupakan tanda kehamilan ya moms. Misalnya mommy sendiri, mommy adalah penderita PCOS (Polycystic Ovarium Syndrome) yang mana haid selalu enggak tepat waktu, jadi susah banget untuk mendeteksi kehamilan dari telat haid. Kadang ada juga beberapa orang yang telat haid disebabkan karena stress berlebihan dan capek berlebihan.

2. Payudara membengkak & areola menghitam

Biasanya, kalau di minggu awal kehamilan itu payudara akan terasa lebih lunak dan sensitif, itu mommy rasakan di 3 kehamilan mommy. Dan biasanya di minggu ke-4 sampai ke-6, payudara akan terasa lebih bengkak, besar, padat daripada biasanya dan tentunya lebih sensitif. Di bagian puting ada garis-garis kurat lalu areola kita akan semakin menghitam dan melebar. Kok bisa payudara membengkak dan areola menghitam ketika hamil muda? Jadi ketika kita hamil ada perubahan hormon. Hormon kehamilan akan meningkatkan aliran darah ke daerah payudara dan areola kita. Pembengkakan payudara dan menghitamnya areola dikarenakan untuk persiapan kita memproduksi ASI ketika baby kita sudah lahir.

3. Flek darah

Kalau membicarakan tentang flek darah, mommy inget banget ketika positif hamil Louisse, saat itu mommy sempat mengalami flek darah. Mommy sempat ketakutan sampai buru-buru ke dokter dan ternyata ketika mommy dicek darah, hCG nya mommy positif hamil. Flek darah beda dengan darah haid, flek darah ini biasanya warnanya merah muda kecoklatan dan biasanya enggak banyak sekitar 1-2 tetes darah saja. Flek darah ini disebut dengan pendarahan implantasi. Jadi flek darah bisa muncul kenapa? Ketika embrio sudah berhasil tertanam di dinding rahim, ternyata sempat membuat dinding rahim terkikis sehingga mengakibatkan pendarahan yang disebut flek darah, bercak darah atau pendarahan implantasi. Jadi, bercak darah ini akan kita dapatkan sekitar 10-14 hari setelah pembuahan, lalu flek darah ini akan berlangsung 1-3 hari. Mommy ngalamin 1 hari saja dan sekali saja. Kalau flek darah ini deras dan banyak segera hubungi dokter ya moms.

4. Kram perut

Kram perut ini adalah tanda yang paling bisa untuk mendeteksi kehamilan muda. Jadi mommy sendiri pengalaman hamil pertama sampai ketiga ini selalu kram perut. Kram perut disebabkan karena adanya proses implantasi embrio. Kram perut ini beda sama kram ketika menjelang haid. Kram perut karena diakibatkan kita hamil muda itu biasanya rasanya seperti dicubit-cubit dikit saja, enggak nyeri banget, enggak sakit banget, berlangsung tidak lama, kurang lebih beberapa jam sekali muncul lagi. Jadi enggak terus-terusan. Kalau kram perut disebabkan kita mau haid itu biasa sakit banget, lama banget dan sakitnya pindah-pindah. Sedangkan kalau kita kram perut karena kita hamil muda, biasanya bisa 1 lokasi aja. Misalnya kalau sampai embrio kita tertanam di sisi kiri rahim kita, kita hanya akan merasakan kram perut di sisi kiri kita saja, enggak akan pindah. Begitupun sebaliknya. Ingat moms kalau kita merasakan kram perut, dikit-dikit merasakan tapi enggak yang sakit banget bisa jadi itu tanda kehamilan loh moms.

5. Mudah lelah dan capek

Di setiap kehamilan mommy, mommy selalu mudah lelah dan capek terutama di kehamilan ketiga lebih parah lagi, mommy cenderung lebih capek, lemas. Biasanya mommmy bisa tidur jam 1 malam, tapi saat ini ketika hamil ketiga jam 10 sudah tidur, dikit-dikit capek, lelah. Kenapa ibu hamil mudah lelah dan capek? Karena ketika kita hamil, hormon progesteron akan meningkat drastis yang akan mengubah metabolisme tubuh, sehingga menyebabkan ibu hamil menjadi mudah lelah. Hal ini dikarenakan gula darah rendah dan produksi darah segar cenderung rendah.

6. Mual dan muntah

Tanda ini enggak semua wanita merasakan ya moms. Mommy di kehamilan pertama dan kedua enggak mengalami mual dan muntah sama sekali. Tapi di kehamilan ketiga mommy merasakan mual dan muntah. Mual dan muntah ini biasanya di pagi, siang dan sore hari. Biasanya ini disebut dengan morning sickness. Kenapa kok kita bisa mual dan muntah? Mual dan muntah ini disebabkan karena hormon hCG dan ini akan mereda seiring kehamilan kita. Mommy sendiri bisa merasakan mual dan muntah di kehamilan ketiga, dari prediksi mommy karena hormon hCG mommy yang sangat tinggi karena babynya kembar. Kalau misalkan babynya hanya 1 mungkin mommy enggak merasa mual dan muntah. Jadi kalau moms enggak merasakan mual dan muntah belum tentu enggak hamil ya moms, karena mual dan muntah belum tentu tanda kehamilan yang akan dimiliki semua wanita. Setiap wanita berbeda dengan setiap tanda kehamilannya.

7. Sensitif pada bau

Ini mommy approve banget di semua kehamilan mommy. Mommy semuanya sensitif, padahal sebenarnya mommy itu orangnya enggak peka dan sensitif sama bau. Jadi menurut sebuah penelitian kepekaan hidung untuk mencium bau meningkat selama kehamilan.

8. Sering buang air kecil

Ini tanda yang sering banget enggak dikenali oleh ibu hamil ya moms. Padahal tanda sering buang air kecil ini dialami oleh semua wanita yang hamil muda. Kok bisa? Ketika kita hamil, perubahan hormon membuat kantong kemih kita lebih sensitif sehingga susah banget untuk menahan buang air kecil.

9. Mood swing

Mommy merasakan sendiri di semua kehamilan mommy. Kalau suka marah-marah itu kebiasaan kita karena lagi repot dan lain-lain. Tapi ketika kita mulai merasakan tanda kehamilan dari awal, kita tuh jadi lebay moms. Jadi kalau nonton sedih aja bisa nangis tersedu-sedu. Kalau kita cek cok sama suami hatinya kayak mellow banget. Kalau moms merasa lebih lebay dari sebelumnya, lebih gampang nangis jangan-jangan itu salah satu tanda kehamilan loh moms.

10. Sakit kepala dan pusing

Para ahli percaya ketika kita hamil, adanya peningkatan hormon yang membuat kepala kita menjadi sakit. Selain karena hormon ketika kita hamil itu biasanya detak jantung kita akan memompa lebih cepat sehingga membuat tekanan darah kita menjadi menurun. Itu kenapa kita sampai seperti mau pingsan, kepalanya sakit dan mommy merasakan di semua kehamilan mommy.

11. Sering merasa lapar

Di awal kehamilan kita membutuhkan sekitar 200 kalori per hari. Ketika ada janin di rahim kita, di dalam tubuh kita akan ada kerjasama antara kelenjar dan organ. Kelenjar dan organ ini akan memerintahkan tubuh kita untuk mengaktifkan hormon lapar, sehingga ketika kita hamil muda selalu ingin makan. Mommy dari kehamilan 1-3 selalu merasa lapar.

Nah bagaimana moms? Sudah jelaskan tentang tanda-tanda awal kehamilan? Jadi kalau moms sudah merasakan beberapa tanda-tanda awal kehamilan di atas segera konsultasi ke dokter kandungan ya moms.

Mandarin Time

Tutorial Belajar Bahasa Mandarin tentang Hewan

Hai aunty uncle, ketemu lagi sama mommy dan cece di #belajarmandarinbarengcece. Kalau kemarin kita sudah belajar tentang benda-benda yang ada di dalam rumah, kali ini kita akan belajar tentang hewan. Yuk kita mulai belajarnya hari ini.

Kosakata

动物  / Dong wu / binatang

鸡 / Ji / ayam

羊 / Yang / kambing

鸭 / Ya / bebek

鹅 / E / angsa

牛 / Niu / sapi

猴子 / Hou zi / monyet

企鹅 / Qi e / penguin

河马 / He ma / kudanil

大象 / Da xiang / gajah

猪 / Zhu / babi

蛇 / She / ular

兔子 / Tu zi / kelinci

熊猫 / Xiong mao / panda

小狗 / Xiao gou / anjing

小猫 / Xiao mao / kucing

老虎 / Lao hu / harimau

狐狸 / Hu li / serigala

骆驼 / Luo tuo / unta

小马 / Xiao ma / kuda

鳄鱼 / E yu / buaya

蚊子 / Wen zi / nyamuk

蚂蚁 / Ma yi / semut

老鼠 / Lao shu / tikus

小鸟 / Xiao niao / burung (飞呀飞 / fei ya fei = terbang terbang)

Percakapan

Percakapan 1

Mommy: Louisse 这个是什么?/ Louisse zhe ge shi shen me? / Louisse ini apa?

Louisse: 我知道,这个是小猫 / wo zhi dao, zhe ge shi xiao mao / aku tahu, ini adalah kucing

Mommy: 好棒 Louisse! / hao bang Louisse! / Louisse hebat!

Percakapan 2

Mommy: Louisse 这个是什么?/ Louisse zhe ge shi shen me / Louisse ini apa?

Louisse: 我知道,这个是小鸡 / wo zhi dao, zhe ge shi xiao ji / aku tahu, ini adalah ayam

Mommy: 好棒 Louisse! / Louisse hao bang! / Louisse hebat!

Percakapan 3

Mommy: Louisse 这个是什么?/ Louisse zhe ge shi shen me? Louisse ini apa?

Louisse: 我知道妈咪,这个是小狗 / wo zhi dao ma mi, zhe ge shi xiao gou / aku tahu mommy, ini adalah anjing

Mommy: 好棒 Louisse! / hao bang Louisse! / Louisse hebat!

Percakapan 4

Mommy: Louisse 这个是什么?/ Louisse zhe ge shi shen me? Louisse ini apa?

Louisse: 我知道妈咪,这个是小鸭 / wo zhi dao ma mi, zhe ge shi xiao ya / aku tahu mommy, ini adalah bebek

Mommy: 好棒 Louisse! / hao bang Louisse! / Louisse hebat!

Percakapan 5

Mommy: Louisse 这个是什么?/ Louisse zhe ge shi shen me? / Louisse ini apa?

Louisse: 我知道妈咪,这个是小羊 / wo zhi dao ma mi, zhe ge shi xiao yang / aku tahu mommy, ini adalah kambing

Mommy: 好棒 Louisse! / hao bang Louisse! / Louisse hebat!

Percakapan 6

Mommy: Louisse 这个是什么?/ Louisse zhe ge shi shen me? / Louisse ini apa?

Louisse: 我知道妈咪,这个是鹅 / wo zhi dao ma mi, zhe ge shi e / aku tahu mommy, ini adalah angsa

Mommy: 好棒 Louisse! / hao bang Louisse! / Louisse hebat!

Percakapan 7

Mommy: Louisse 这个是什么?/ Louisse zhe ge shi shen me? / Louisse ini apa?

Louisse: 我知道妈咪,这个是小兔子 / wo zhi dao ma mi, zhe ge shi xiao tu zi / aku tahu mommy, ini adalah kelinci

Mommy: 好棒 Louisse! / hao bang Louisse! / Louisse hebat!

Percakapan 8

Mommy: Louisse 这个是什么?/ Louisse zhe ge shi shen me? / Louisse ini apa?

Louisse: 我知道妈咪,这个是骆驼 / wo zhi dao ma mi, zhe ge shi luo tuo / aku tahu mommy, ini adalah unta

Mommy: 好棒 Louisse! / hao bang Louisse! / Louisse hebat!

Percakapan 9

Mommy: Louisse 这个是什么?/ Louisse zhe ge shi shen me? / Louisse ini apa?

Louisse: 我知道妈咪,这个是牛 / wo zhi dao ma mi, zhe ge shi niu / aku tahu mommy, ini adalah sapi

Mommy: 好棒 Louisse! / hao bang Louisse! / Louisse hebat!

Percakapan 10

Mommy: Louisse 这个是什么?/ Louisse zhe ge shi shen me? / Louisse ini apa?

Louisse: 我知道妈咪,这个是小马 / wo shi dao ma mi, zhe ge shi xiao ma / aku tahu mommy, ini adalah kuda

Mommy: 好棒 Louisse! / hao bang Louisse! / Louisse hebat!

Percakapan 11

Mommy: Louisse 最后一次这个是什么?/ Louisse zui hou yi ci, zhe ge shi shen me? / Louisse ini yang terakhir, ini apa?

Louisse: 我知道妈咪,这个是老虎 / wo zhi dao ma mi, zhe ge shi lao hu / aku tahu mommy, ini adalah harimau

Bagaimana aunty uncle? Gampang kan belajar Bahasa mandarinnya bareng cece?

MPASI

Resep MPASI 11M+ : Sup Ikan Kakap Putih

Hai aunty uncle, ketemu lagi di #mukbangwithuwi. Kali ini mommy akan beri Uwi MPASI sup ikan kakap putih. Sup ikan kakap ini bagus untuk makanan/MPASI karena dapat mencerdaskan otak si Kecil loh moms. Yuk simak resepnya berikut ini.

Bahan

* 2 potong ikan kakap putih

* 10 buah tomat kecil

* 2 lembar daun jeruk

* Wortel secukupnya

* 1 siung bawang putih

* ¼ buah bawang bombai

* ½ ruas jahe

* 1 buah daun bawang

* Garam secukupnya

Cara membuat

~ Cincang bawang putih

~ Cincang bawang bombai

~ Daun bawang diiris kecil-kecil

~ Potong wortel kecil-kecil

~ Potong tomat kecil-kecil

~ Ikan kakap dipotong dadu

~ Jahe digeprek

~ Masukkan sedikit minyak ke panci

~ Masukkan bawang putih dan bawang bombai, masak hingga harum

~ Masukkan daun jeruk dan jahe

~ Masukkan wortel dan tomat

~ Masukkan ikan kakap lalu masak hingga kulitnya berubah warna

~ Setelah kulit ikan berubah warna masukkan air

~ Aduk-aduk lalu masukkan garam, setelah itu tunggu hingga mendidih

~ Ketika sudah mendidih, masukkan daun bawang lalu aduk sampai rata

~ Sup kakap putih siap dihidangkan

Yuk buatkan si Kecil sup ikan kakap kuah putih moms. Selain bagus untuk otak, buatnya juga gampang banget. Penasaran dengan keseruan Uwi mukbang? Yuk simak video di bawah ini!

Food

Cara Memasak Soto Ayam Kuah Bening, Segar dan Gampang Banget!

Hai semua, ketemu lagi sama mommy dan cece di #masakbarengcece. Kali ini kita mau masak soto ayam kuah bening. Yuk simak resepnya berikut ini.

Bahan

* 1 ekor ayam kampung

* 200 gr kol diiris tipis-tipis lalu rebus dengan air hingga setengah matang

* 200 gr tauge direbus hingga setengah matang

* 4 buah kentang dipotong dadu kecil

* 2 buah tomat dipotong kecil-kecil

* 3 butir telur direbus sampai matang lalu dipotong menjadi 4 bagian

* 2 lembar daun salam

* 3 lembar daun jeruk

* 2 batang sereh digeprek

* Soun secukupnya direndam dengan air panas, kalau sudah lembek disisihkan lagi

* Bawang goreng secukupnya

* ½ sdt merica

* 4 buah kemiri

* 2 siung bawang putih

* 3 siung bawang merah

* 1 batang daun bawang diiris tipis-tipis

* 15 gr jahe

* 25 gr lengkuas digeprek

* 4 cm kunyit

* 1 buah jeruk nipis diiris jadi 8 bagian

* 2 liter air

* 2 sdm garam

• haluskan bawang putih, bawang merah, kemiri, jahe dan kunyit

Cara membuat

~ Masukkan minyak goreng ke wajan, tunggu hingga panas

~ Masukkan bumbu yang tadi sudah dihaluskan, tumis hingga wangi

~ Masukkan daun jeruk, daun salam, lengkuas dan sereh lalu tumis sampai matang

~ Angkat dan sisihkan dahulu bumbu yang telah ditumis

~ Masukkan 2 liter air ke dalam panci, lalu rebus sampai mendidih

~ Setelah mendidih masukkan tumisan bumbu halus tadi

~ Masukkan ayam

~ Lalu masukkan garam dan merica

~ Aduk-aduk sampai rata

~ Masak sampai mendidih

~ Masukkan kentang

~ Tunggu sampai kuah mendidih

~ Setelah itu angkat ayam dari sup, di dalam sup/kuah sudah tidak ada lagi ayam ya moms

~ Masukkan daun bawang ke dalam kuah lalu aduk sampai rata

~ Kemudian pisahkan daging ayam dari tulang

~ Panaskan minyak goreng di wajan

~ Masukkan ayam di dalam minyak panas

~ Goreng hingga matang

~ Jika sudah matang, angkat, tiriskan lalu ayam disuwir-suwir

~ Masukkan semua bahan ke dalam mangkok (kol, tauge, ayam, soun, bawang goreng, tomat, jeruk nipis, telur dan kuah)

~ Soto ayam kuah bening siap dinikmati

Gampang banget kan bikin soto moms? Daripada beli di luar yuk mending kita buat soto sendiri moms. Lihat keseruan cece sama mommy buat soto ayam yuk di video berikut ini!

MPASI

Variasi Resep MPASI agar Anak Doyan Makan: Rolade Kentang Salmon

Hai moms, kembali lagi sama mommy dan Uwi di sesi #mukbangwithuwi. Resep MPASI kali ini spesial ya moms, agar Uwi enggak bosan. Kita sebagai mommy harus sering-sering memvariasikan MPASI si Kecil agar ia enggak GTM (Gerakan Tutup Mulut). Nah sekarang mommy mau berbagi resep rolade kentang salmon nih. Berikut resepnya

Rolade kentang salmon

Bahan

* Ikan salmon

* 1 buah kentang

* 1 butir telur

* Brokoli

* 2 siung bawang putih

* Garam secukupnya

* Kaldu ayam secukupnya

Cara memasak

~ Kukus kentang selama 20 menit

~ Selagi menunggu kentang dikukus, kita cincang bawang putih, brokoli dan salmonnya ya moms

~ Setelah 20 menit kentang diangkat dan dihaluskan

~ Masukkan sedikit minyak ke wajan

~ Masukkan bawang putih dan tumis hingga harum

~ Masukkan salmon lalu dimasak

~ Goreng salmon hingga setengah matang lalu masukkan brokoli

~ Masukkan garam lalu dimasak merata

~ Kemudian masukkan kaldu ayam

~ Jika sudah matang, masukkan tumisan salmon ke dalam kentang yang tadi sudah dihaluskan lalu aduk merata

~ Masukkan sedikit minyak ke teflon lalu goreng telur yang sudah dikocok

~ Setelah matang angkat telur

~ Masukkan kentang dan tumis salmon yang sudah dicampurkan ke dalam telur dadar tadi

~ Lalu gulung telur

~ Potong telur gulung kecil-kecil

~ Rolade kentang salmon siap dinikmati si Kecil

Nah itu dia resepnya moms. Bagaimana? Gampang kan moms? Penampilannya juga cantik dijamin akan menggugah selera makan si Kecil.

Fakta-Fakta · Kesehatan · Review Produk

Waspada! Minum Air Dari Dispenser Ternyata Sangat Berbahaya

Siapa sih yang enggak punya dispenser? Dispenser adalah barang yang umum di dunia. Dispenser merupakan benda yang dapat membuat kita lebih efisien, ekonomis dan mudah. Tapi ternyata penggunaan dispenser ada bahayanya loh moms.

Dispenser adalah teknologi yang ekonomis dan efisien. Dispenser dapat memudahkan kita minum air galon dan memudahkan kita untuk memanaskan atau mendinginkan air, tanpa harus menggunakan kompor atau kulkas. Jadi gampang banget. Tapi sayangnya teknologi efisien dan ekonomis dari dispenser ini sering banget kita abaikan kebersihannya. Padahal membersihkan dispenser ini suatu keharusan ya moms. Membersihkan dispenser bukan hanya pada bagian luarnya saja, tapi bagian dalamnya juga yaitu bagian penampungnya dan bahkan saluran air di dispenser itu.

Dalam penelitian, dikatakan bahwa ketika kita minum air dari dispenser kemungkinan besar air yang kita minum sudah terkontaminasi dengan kuman dan bakteri yang ada di saluran air dalam dispenser. Jadi saluran air di dalam dispenser ini kemungkinan besar sudah banyak kotoran, jamur dan bakteri yang tidak kasat mata yang ada di sana karena kita enggak pernah membersihkannya. Ketika air minum melewati saluran air dispenser, kuman dan bakteri tersebut akan ikut terbawa dan saat kita minum, kuman dan bakteri tersebut masuk ke dalam tubuh kita. Bahkan dikatakan oleh lembaga NSF (National Science Foundation) International bahwa ternyata setiap 1 inch persegi dalam pendingin dispenser ini terdapat 2,7 juta kuman bakteri moms.

Jadi moms mungkin kita sering berpikir kita sudah beli galon yang paling bagus, tertutup rapat, harusnya itu sudah steril, enggak ada kuman penyakitnya sudah aman untuk kita minum. Yes, itu benar. Galon yang kita beli memang mungkin sudah steril, enggak ada bakterinya, enggak ada kumannya tapi permasalahan utamanya ketika galon tersebut kita pindahkan melalui saluran air dalam dispenser, entah itu dispenser atas atau dispenser bawah, saluran air dispensernya ini yang akan menjadi perantara kotoran, kuman penyakit, bakteri bahkan jamur untuk masuk ke tubuh kita, dan pada akhirnya akan mendatangkan penyakit kepada kita moms.

Penyakit apa aja sih yang ditimbulkan bakteri, kuman dan jamur yang ada dalam saluran dispenser?

* Diare

* Kolera

* Disentri

* Demam

* Muntah

* Sakit perut

Saya sudah minum air dispenser enggak pernah merasakan penyakit tersebut kok

Memang moms, penyakit-penyakit yang telah disebutkan tadi itu enggak akan langsung menyerang ke tubuh kita atau menjadi sebuah penyakit yang akan langsung kelihatan moms. Tapi kuman, jamur dan bakteri yang ada di saluran dispenser yang terminum dengan kita, itu biasanya akan menyerang sistem kekebalan tubuh seseorang yang mempengaruhi apakah seseorang akan mudah terserang penyakit atau tidak. Contohnya seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah, salah satunya seperti penderita HIV/AIDS, kurang gizi dan pasien transplantasi. Ketika dia minum air yang sembarangan apalagi air yang sudah terkontaminasi dengan bakteri, kuman dan jamur dari saluran air dalam dispenser itu bisa menyebabkan orang dengan kekebalan tubuh rendah tersebut mudah terserang penyakit.

Lalu solusinya kita harus bagaimana?

1. Bersihkan dispenser kita

Cara membersihkan dispenser adalah:

~ Pastikan sudah tidak ada air di dalam wadah tempat penampungan dispenser

~ Cabut colokan dispenser

~ Kemudian kita campurkan 1 sdt cuka dengan 1 liter air

~ Masukkan ke dalam dispenser lalu diamkan selama 2-5 menit, jangan lebih karena ditakutkan akan menyebabkan korosi.

~ Lalu buang air cuka yang tadi dimasukkan.

~ Lakukan sebanyak 4x dan pastikan tidak ada cuka yang tertinggal ya moms. Untuk pengganti cuka kita bisa menggunakan air jeruk lemon.

~ Lalu untuk wadah penampungan air kita juga bisa bersihkan, pastikan sudah tidak ada air di dalamnya kemudian kita cuci dengan sabun. Bersihkan wadah tersebut lalu keringkan dan ingat jangan memegang kran dispenser dengan tangan kita karena gampang banget bakteri atau kuman nempel di sana.

Lakukan pembersihan dispenser ini seminggu sekali. Dan pastikan air galon disimpan di tempat kering, bersih dan tidak terpapar dengan sinar matahari langsung. Jangan menyimpan air galon lebih dari 30 hari kalau lebih dari 30 hari maka akan mudah membuat kuman dan bakteri penyakit berkembang biak di air tersebut.

2. Rebus air kita

Cara merebus air seperti cara konvensional biasa, kita ambil air galon dan didihkan air di kompor gas. Cuma memang kekurangannya kita harus menunggu lama agar air mendidih, lalu pada saat kita ingin minum kita juga harus menunggu agar air tidak terlalu panas. Jadi memang agak repot, buang waktu, buang gas dan lain sebagainya.

Kalau mommy merebus air punya cara yang efektif. Mommy menggunakan dispenser ajaib dari Little Giant.

Cara penggunaannya gampang banget moms dan hemat listrik. Yang mommy suka, pada saat mommy rebus air dan sudah mendidih di bagian luar dispenser tetap dingin jadi aman untuk kita dan anak-anak, tidak menyebabkan luka bakar. Lalu air di dispenser ini suhunya bisa kita setel dan akan stay selama 24 jam. Karena di dalamnya terdapat indikator yang dapat menjaga suhu derajat air yang kita mau. Setelah 24 jam akan mati sendiri. Gampang dibersihkan juga. Untuk kuman bakteri atau kerak itu dipastikan hilang karena gampang kelihatan, enggak seperti dispenser yangs saluran air di dalamnya enggak kelihatan.

MPASI

Enak dan Sehat, Yuk Bikin MPASI Skotel Potato Salmon!

Hai semua, kembali lagi sama mommy dan Uwi di sesi #mukbangwithuwi. Kali ini Uwi akan mukbang skotel potato salmon. Yuk intip resepnya berikut ini

Skotel potato salmon

Bahan

* 1 buah kentang besar

* Ikan salmon secukupnya

* 1 butir telur

* Jagung manis secukupnya

* Tomat secukupnya

* Wortel secukupnya

* Keju secukupnya

* 1 siung bawang putih

* ½ buah bawang bombai

* Garam secukupnya

Cara membuat

~ Salmon dipotong kecil-kecil

~ Bawang putih dicincang

~ Iris bawang bombai kecil-kecil

~ Sisir jagung manis

~ Potong tomat kecil-kecil

~ Parut wortel

~ Kukus kentang

~ Jika kentang sudah matang, angkat kentang lalu haluskan

~ Tumis bawang putih dan bawang bombai

~ Masukkan salmon

~ Setelah matang, letakkan masakan salmon di dalam mangkok berisi kentang yang sudah dihaluskan

~ Masukkan garam secukupnya, lalu aduk-aduk hingga merata

~ Masukkan jagung manis, wortel, tomat dan telur lalu aduk hingga semua bahan tercampur rata

~ Parut keju di atasnya

~ Kemudian semua bahan makanan tadi dikukus

~ Setelah matang, skotel potato salmon siap disajikan

Nah gampang banget kan moms cara memasaknya? Yuk kita lihat bagaimana serunya Uwi mukbang skotel potato salmon di bawah ini!

Food

Cara Membuat Sambal Terasi. Gampang Banget!

Hai aunty uncle, ketemu dengan mommy dan cece di #masakbarengcece. Buat moms semua yang doyan pedas, sambal itu pasti enggak ketinggalan ya moms setiap makan. Nah kali ini kita akan masak sambal terasi yang mudah banget. Yuk simak resepnya berikut ini

Sambal terasi

Bahan

* 10 buah cabe merah keriting

* 4 buah cabe rawit

* 1 buah tomat

* 1 buah terasi

* Garam secukupnya

* Gula pasir secukupnya

* 1 siung bawang putih

* 2 siung bawang merah

Cara membuat

~ Semua bahan di atas, kecuali garam dan gula digoreng dahulu setengah matang

~ Ulek bahan yang tadi sudah digoreng hingga halus

~ Masukkan garam dan gula ke dalam bahan yang sudah halus lalu setelah itu ulek kembali

Gampang banget kan moms? Yuk lihat keseruan cece masak sambel terasi bareng mommy di video berikut ini!

Food

Cara Masak Sayur Okra Enak dan Tak Berlendir

Hai moms, kembali sama mommy dan cece di sesi #masakbarengcece. Sayur okra yang berlendir itu buat kita susah makannya ya moms, jadi banyak orang jadi malas makan sayur okra. Nah tapi kali ini, mommy mau berbagi resep dan tips memasak sayur okra agar tidak berlendir. Penasaran resepnya seperti apa? Yuk simak resepnya berikut ini.

Tumis okra

Bahan

* 4 siung bawang merah diiris-iris

* 3 siung bawang putih dicincang

* 8 buah cabe merah keriting dipotong serong

* 1 buah tomat dipotong kecil-kecil

* 300 gr sayur okra diiris serong

* Garam secukupnya

* Gula secukupnya

* Lada secukupnya

* 1 sdm saus tauco

* 1 sdm kecap asin

* Air secukupnya

Cara memasak

~ Masukkan air panas ke dalam wadah yang berisi sayur okra

~ Diamkan selama 5 menit sebelum ditiriskan

~ Masukkan minyak sedikit ke wajan, tunggu panas lalu masukkan bawang putih dan bawang merah

~ Masukkan cabe dan saus tauco

~ Lalu masukkan sayur okra, tomat dan air

~ Masukkan gula, garam, kecap asin dan lada

~ Kemudian masak hingga matang

~ Sayur okra siap dihidangkan

Jadi, tips agar sayur okra tidak berlendir adalah sebelum ditumis, rendam dulu dengan air panas selama 5 menit. Gampang banget kan moms? Moms bisa banget coba nih di rumah.