Food

Batas Penambahan Gula pada Makanan Anak Berdasarkan Usianya

Makanan dan minuman manis menjadi salah satu kudapan favorit anak-anak. Mulai dari permen, minuman berasa, cokelat, hingga donat, biasanya sangat disukai oleh anak-anak. Meski menjadi makanan favorit, tetapi Moms harus membatasi konsumsi makanan dan minuman manis pada si kecil.

Hal ini karena terlalu banyak atau sering mengonsumsi makanan dan minuman manis bisa membahayakan kesehatan si kecil. Seperti risiko pembusukan gigi, obesitas, hingga memicu penyakit kronis tertentu.

Oleh karena itu, orang tua perlu tahu, nih, batas asupan penambahan gula pada makanan dan minuman anak berdasarkan usianya agar tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Melansir situs Live Science, American Heart Association merekomendasikan anak usia 2-18 tahun mengonsumsi gula tambahan tidak lebih dari 6 sendok teh atau 25 gram per hari. Jumlah ini setara dengan 100 kalori.

Sementara itu, untuk anak usia di bawah 2 tahun, American Heart Association merekomendasikan agar mereka tidak diberikan tambahan gula.

Mengapa demikian? Sebab, tambahan gula pada makanan anak di bawah usia 2 tahun berisiko menjadikan anak ketagihan gula.

Lalu untuk minuman, berdasarkan rekomendasi American Heart Association, anak usia 2-18 tahun sebaiknya membatasi konsumsi minuman manis tidak lebih dari satu gelas atau 240 ml per minggu.

Minuman manis yang dimaksud di sini seperti minuman bersoda, minuman berenergi, teh manis, dan minuman jus dalam kemasan.

Nah, Moms, jangan biarkan si kecil konsumsi gula berlebihan, ya. Ikuti aturan normalnya agar si kecil terhindar dari beragam penyakit yang disebabkan oleh konsumsi gula berlebih.

Food

Bolehkah si Kecil Makan Telur Setengah Matang?

Telur kerap menjadi makanan andalan bagi orang dewasa maupun anak-anak. Selain mudah mengolahnya dan rasanya yang nikmat, telur pun menjadi salah satu makanan yang sehat.

Mengutip dari situs Hellosehat, telur mengandung beragam zat gizi, termasuk protein, folat, vitamin A, B2, B12, dan D, serta ragam mineral. Telur pun mengandung asam lemak omega3 yang baik untuk tumbuh kembang anak.

Jika Moms mengolah telur dengan benar, alias matang, kemungkinan besar si kecil akan mendapatkan kandungan-kandungan tersebut yang baik untuk tumbuh kembangnya. Namun, bagaimana jika telur dimasak setengah matang?

Apakah boleh anak makan telur setengah matang?

Perlu menjadi catatan Moms, nih, kalau bayi dan balita tidak dianjurkan untuk makan telur setengah matang. Sebab, telur setengah matang rentan mengandung bakteri Salmonella yang bisa membahayakan tubuhnya.

Oleh karena itu, jangan sampai Moms memberikan telur setengah matang dalam menu makanan si kecil demi kesehatan tubuhnya dan menghindari infeksi bakteri Salmonella.

Food

Resep Sayur Bayam Sehat dan Lezat untuk Makan Siang

Bingung hari ini mau masak apa? Yuk, masak sayur bayam saja!

Bahan-Bahan:

  • Sayur bayam
  • Wortel
  • Jagung
  • Bawang putih
  • Bawang merah
  • Daun salam
  • Temu kunci
  • Galam
  • Gula
  • Air

Cara Membuat:

  • Iris halus bawang putih dan bawang merah
  • Sisir jagung
  • Wortel potong bulat
  • Didihkan air, lalu masukkan bawang merah dan bawang putih
  • Masukkan temu kunci dan daun salam, rebus hingga layu
  • Ketika sudah layu, masukkan wortel dan jagung
  • Masak hingga matang
  • Masukkan bayam
  • Masukkan garam gula secukupnya
  • Tunggu beberapa menit dan sayur bayam siap disajikan!

Mudah, kan, Moms?

Food

Resep Roti Telur ala Louisse Scarlett Family

Hai Moms, kali ini Mami akan membagikan resep hidangan sederhana yang cocok banget jadi santapan keluarga. Moms bisa mengajak si kecil untuk ikut membuatnya.

Cece dan Uwi juga sempat bikinin ini untuk Mami, lo. Hidangan ini bernama Roti Telur. Moms hanya butuh menyiapkan 2 bahan saja.

Bahan-bahan:

  • 2 lembar roti tawar
  • 2 butir telur

Cara membuat:

  1. Siapkan 1 lembar roti tawar di atas piring.
  2. Goreng 2 telur di atas teflon antilengket. Bolak-balikan telur dan tunggu sampai matang.
  3. Letakkan telur yang sudah matang di atas roti tawar tersebut.
  4. Lalu, letakkan roti tawar di atas telur sebagai lapisan penutup.
  5. Roti telur siap disantap.

Itulah bahan dan cara membuat Roti Telur ala Louisse Scarlett Family. Mudah, kan, Moms? Yuk, coba bikin di rumah.

Food

Resep Pancake Simpel, Cocok Jadi Camilan si Kecil

Hai, Moms. Kali ini Mami mau berbagi resep camilan enak, sehat, dan simple tentunya. Moms bisa membuat camilan ini bersama si kecil di rumah.

Ya, kali ini Mami akan bagikan resep pancake simple. Pertama, yuk, siapkan dulu bahan-bahannya.

Bahan membuat pancake:

  1. Mentega
  2. Terigu
  3. Gula
  4. Telur

Sekarang kita masuk ke tahap pembuatannya, yuk.

  • Campurkan semua bahan (mentega, terigu, gula, dan telur).
  • Lalu aduk hingga semua bahan menyatu. Agar lebih mudah, Moms bisa mengaduknya menggunakan mixer.
  • Kalau sudah menyatu dan menjadi adonan yang halus, tuang adonan pancake ke loyang atau cetakan khusus pancake.
  • Masak pancake hingga matang.

Itulah bahan dan langkah membuat pancake untuk camilan si kecil. Mudah, kan, Moms? Selamat mencoba.

Food

Resep Masakan Telur Balado Gampang Banget!

Hai aunty uncle kembali lagi sama cece dan mommy di sesi #MasakBarengCece. Kali ini kita mau masak makanan yang gampang banget dibuatnya. Jadi buat kalian yang lagi bingung mau masak apa, tapi juga nggak mau dan nggak bisa yang ribet-ribet mommy kasih resep berikut ini nih.

Telur Balado

Bahan :

  • 10 butir telur ayam, direbus terlebih dahulu
  • 4 lembar daun jeruk
  • Penyedap rasa secukupnya
  • 2 sdt garam
  • 2 sdt gula pasir
  • Air secukupnya
  • 2 buah tomat
  • 20 buah cabe merah keriting
  • 14 buah cabe merah besar
  • 5 buah cabe rawit
  • 6 siung bawang putih
  • 14 siung bawang merah
  • 2 sdt terasi disangrai

Cara membuat :

  1. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe merah keriting, cabe merah besar, cabe rawit, tomat yang sudah dipotong-potong dan terasi yang sudah disangrai.
  2. Kupas telur yang sudah direbus, setelah itu goreng telur hingga berwarna kecoklatan
  3. Jika sudah angkat dan tiriskan
  4. Tumis bahan-bahan yang sudah dihaluskan tadi ke dalam sedikit minyak
  5. Masukkan daun jeruk lalu aduk merata hingga meresap
  6. Masukkan gula, garam dan penyedap rasa lalu aduk merata
  7. Ketika sambal sudah mendidih masukkan telur lalu aduk
  8. Masukkan air secukupnya agar bumbu tidak kering
  9. Aduk hingga semuanya tercampur rata dan matang

Gimana moms? Gampang banget kan cara buat Telur Balado ala mommy. DIjamin loh ini enak banget apalagi dimakan pake nasi putih hangat, ketagihan deh pastinya. Tapi kalau pedes begini cece berani cobain nggak ya? Yuk lihat jawabannya di video berikut ini.

Food · Review Produk

Review Semua Brownsugar Milk Tea Boba Mencari yang Terbaik Sepanjang Masa

Hai onti uncle ketemu lagi sama cece, Uwi dan mami. Kita mau mukbang bareng nih onti uncle. Kita mau cobain minuman yang seger-seger karena Jakarta lagi panas banget nih, cocok banget kan minum yang seger-seger? Yuk langsung kita cobain minuman-minuma seger berikut ini.

Review Brown Sugar Milk Tea terbaik sepanjang masa

1. The alley

Brown sugar milk tea dari The Alley ini ada madunya, ada brown sugar pastinya, ada boba dan mango puding. Harganya mami beli adalah Rp. 42.000. Rasanya enak dan wangi banget, ukuran bobanya kecil-kecil.

2. KOI

Mami beli dengan harga Rp. 18.000. Packagingnya kurang oke menurut mami, wangi dan bobanya kecil banget susah digigit karena terlalu kenyal.

3. Ban Ban

Kita beli dengan harga Rp. 41.000, bobanya enak, tehnya kurang wangi.

4. Tiger Sugar

Mami beli dengan harga Rp. 40.000 dan ini benar-benar pure fresh milk tea brown sugar ya tanpa boba

5. Gulu Gulu

Harganya Rp. 27.000, bobanya susah banget diemut karena keras, minumannya juga nggak wangi

6. Hei Hei

Harganya adalah Rp. 25.000, tehnya nggak wangi sama sekali tapi bobanya wangi.

7. Chatime

Brown sugar milk tea ini mami beli dengan harga Rp. 23.000, nggak ada bobanya ya.

8. XIBOBA

Brown sugar fresh milk ini kita beli dengan harga Rp. 27.000. Menurut wangi nggak ada wangi-wanginya.

9. Xing Fu Tang

Ini harganya Rp. 40.000, tehnya wangi, bobanya gampang dikunyah dan ada tambahan remahan biskuit juga di atasnya.

10. Kokumi

Mami beli dengan harga Rp. 34.000, bobanya gampang diemut, gampang diminum dan wangi

11. One Zo

Mami beli dengan harga Rp. 39.500, tehnya kurang wangi, bobanya berasa dan gampang dikunyah.

Nah dari 11 brown sugar yang udah mami cobain, mami paling suka The Alley karenanya teh dan bobanya wangi banget, bobanya juga gampang dikunyah. Yang kedua adalah Kokumi karena susunya berasa, tehnya wangi dan bobanya mudah dikunyah. Terakhir adalah Xing Fu Tang, teh dan bobanya lumayan wangi bahkan dia juga kasih biskuit di atasnya. Kalau menurut kalian enak yang mana nih?

Food · Review Produk

Mukbang Semua Rasa Puyo Silky Dessert

Halo onti uncle semua hari ini Louisse mau mukbang, tapi mukbangnya rame-rame sama sepupu nih ada Poppy, Rei, Winter dan pastinya Loewy. Nah kita mau mukbang Puyo semua rasa. Yuk langsung aja kita mulai mukbangnya.

1. Strawberry

Pertama-tama kita cobain yang rasa strawberry dulu ya. Rasanya enak banget loh.

2. Cookies and Cream

Cookies and Creamnya nggak kalah enak loh rasanya.

3. Coklat

Coklatnya juga pastinya enak, Uwi aja sampai habis 1 cup sendiri onti uncle.

4. Bubblegum

Bubblegumnya juga enak loh.

5. Leci

Rasa lecinya juga enak banget loh sampai Uwi aja ambil jatah cece dan kabur sambil bawa 1 cupnya onti uncle.

6. Taro

Taro ini juga nggak kalah enak loh onti uncle.

7. Silky Salted Caramel

Pastinya rasanya enak banget yang silky salted caramel ini.

8. Silky Mango

Silky mango nya ternyata nggak kalah enak sama silky salted caramel onti uncle.

9. Green Tea

Green teanya juga enak, tapi Winter nggak suka nih sama rasa green tea.

Nah itu dia mukbang Puyo Dessert semua rasa dan rasanya enak-enak semua nih. Mau lihat keseruan kita mukbang dan Uwi yang jahil? Tonton video di bawah ini ya.

Food

Resep Masakan Tumis Jamur Tiram

Hai onti uncle kembali lagi disesi #MasakBarengCece. Kali ini mami dan cece akan masak Tumis Jamur Tiram. Penasaran kan gimana resepnya? Langsung aja yuk simak resepnya berikut ini.

Tumis Jamur Tiram

Bahan :

  • 350gr jamur kuping, dipotong-potong
  • 1/2 papan tempe, dipotong dadu
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Kaldu jamur secukupnya
  • Cuka secukupnya
  • Saus tiram secukupnya
  • 3 siung bawang putih, dicincang
  • 5 siung bawang merah, dicincang
  • 5 buah cabe hijau besar, buang isinya dan iris miring-miring

Cara membuat :

  • Panaskan minyak goreng
  • Setelah minyak panas goreng tempe hingga matang
  • Bila sudah matang angkat dan tiriskan
  • Tuang sedikit minyak ke dalam wajan
  • Lalu masukkan bawang putih, bawang merah, cabe hijau besar masak hingga harum
  • Lalu masukkan jamur kuping, garam, kaldu jamur, dan gula secukupnya, aduk merata
  • Masukkan tempe dan air secukupnya lalu aduk hingga rata
  • Masukkan saus tiram secukupnya lalu aduk
  • Tumis Jamur Tiram siap disajikan

Gimana moms gampang banget kan? Buat kalian yang punya stok jamur kuping tapi bingung mau diolah apa boleh banget loh moms cobain resep Tumis Jamur Tiram ala mami.

Food

Resep Masakan Rumahan Udang Saus Mentega

Siapa nih yang udah buntuk banget mikirin mau masak apa buat hari ini, besok bahkan lusa? Nah mami datang sama cece Louisse di sesi #MasakBarengCece pastinya bawa resep baru nih. Penasaran resepnya apa? Langsung simak aja yuk.

Udang Saus Mentega

Bahan :

  • 18 ekor udang, dibersihkan terlebih dahulu, buang kepalanya dan iris sedikit kulitnya agar bumbunya menyerap
  • Mentega secukupnya
  • 2 tangkai daun bawang, dipotong-potong
  • 1 buah bawang bombay, diiris-iris
  • 2 siung bawang putih, digeprek
  • 5 sdm air putih
  • 3 sdt saus tiram
  • 1.5 sdt kecap inggris
  • 3 sdt kecap manis
  • 2 sdm saus tomat
  • Merica secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara membuat :

  • Lumuri udang dengan jeruk nipis, lalu biarkan udang hingga berubah warna
  • Panaskan minyak goreng secukupnya
  • Goreng udang sampai berwarna emas
  • Jika sudah matang angkat dan tiriskan
  • Panaskan mentega
  • Masukkan bawang putih dan bawang bombay, tumis hingga wangi
  • Setelah wangi masukkan udang, saus tiram, kecap manis, kecap inggris, saus tomat, garam, gula, merica lalu aduk hingga tercampur rata
  • Masukkan daun bawang lalu aduk hingga rata
  • Masukkan air dan aduk kembali
  • Jika sudah tercampur rata, jangan lupa untuk tes rasa ya moms
  • Udang saus mentega siap disajikan

Dijamin ini enak banget, keluarga pasti ketagihan. Langsung cobain buat ya moms. Yuk lihat keseruan cece dan mami masak di video berikut ini.