Food · Baby

Snack Sehat Baby Louisse Scarlett

Siapa di sini yang sedang mencari rekomendasi snack untuk si Kecil? Karena saking banyaknya jenis snack untuk si Kecil kadang membuat kita jadi bingung ya moms. Nah ngomong-ngomong tentang snack si Kecil, mommy mau kasih rekomendasi snack sehat yang dikonsumsi Louisse saat bayi dulu nih, sekalian nostalgia ya moms.

Rekomendasi snack sehat untuk si Kecil dari mommy adalah Yummy Bites, Abon Ayam, Gerber Lil Crunchies, Yummy Bites Cereal dan Mie Sayur Sehat. Snack-snack tersebut adalah snack yang dulu suka banget dikonsumsi oleh baby Louisse moms.

Baby Louisse doyan banget sama snacknya. Snack ini adalah produksi asli Indonesia dan ini boleh banget dimakan oleh baby-baby usia 6 bulan ke atas. Jadi buat moms yang sedang bingung mau kasih snack apa ke si Kecil, boleh dicoba ya rekomendasi dari mommy di atas.

Food

Rahasia Bikin Susu Kacang Mudah tanpa Pengawet

Hai aunty uncle ketemu sama mommy, cece dan amah di sesi #MasakBarengCece kali ini. Kita hari ini mau bikin susu kacang nih. Sebelum kita kasih tahu step by step cara membuatnya, cece Louisse akan kasih tahu terlebih dahulu bahan-bahannya, dicatat ya aunty uncle.

Susu Kacang

Bahan :

* 1/2 kg kacang kedelai, direndam 1 malam atau minimal 4 jam terlebih dahulu lalu ditiriskan
* 400 gr gula batu
* Daun pandan secukupnya
* 2 liter air
* Kain katun untuk memeras

Cara Memasak :

1. Masukkan kacang kedelai dan air secukupnya ke dalam blender lalu blender kacang hingga halus
2. Masukkan kacang dan air yang sudah diblender ke dalam penyaringan lalu aduk menggunakan sendok kuah agar airnya turun ke dalam wadah. Kalau terlalu kental moms bisa tambahkan air ke dalam kacang yang sedang disaring ya moms agar bisa turun airnya. Aduk-aduk terus sampai kelihatan ampasnya
3. Ampas kacang kedelainya jangan langsung dibuang ya moms, tapi tambahkan air 1 liter lalu masukkan ke dalam kain katun yang sudah kita siapkan untuk diperas
4. Setelah itu ampas boleh dibuang ya moms
5. Saring hingga 2x air kacang tadi agar lebih halus lagi dan enggak ada ampas yang terminum
6. Masak susu kacang
7. Masukkan daun pandan dan gula batu ke dalam susu kacang lalu aduk-aduk dan tunggu hingga susu kacang mendidih

Gampang banget kan moms cara buat susu kacang? Wangi, enak, susunya kental banget dan yang paling penting tanpa pengawet jadi aman untuk diminum. Kalau moms masih bingung dengan cara memasaknya moms bisa klik video di bawah ini ya.

Food

Resep Cara Mudah Bikin Perkedel tanpa Minyak!

Hai aunty uncle ketemu lagi di sesi #MasakBarengCece dengan cece dan mommy. Hari ini kita mau masak perkedel. Tapi perkedel kali ini spesial, karena kita masaknya tanpa menggunakan minyak. Yuk langsung aja disimak resepnya berikut ini

Perkedel

Bahan :

* 4 batang daun bawang, dipotong kecil-kecil
* 4 buah bawang merah, dihaluskan
* 3 siung bawang putih, dihaluskan
* 1 butir telur ayam
* 4 buah kentang, dipotong kecil-kecil
* 1/2 sdt merica
* 3/4 sdm garam

Cara Memasak :

1. Masukkan kentang pada Air Fryer, masak dalam suhu 180 ℃ selama 20 menit (tanpa minyak)
2. Setelah sudah berubah warna, angkat kentang dan haluskan kentang
3. Masukkan bawang merah dan bawang putih yang sudah dihaluskan tadi, daun bawang, merica dan garam lalu aduk hingga rata
4. Pecahkan telur ayam, kemudian aduk hingga rata
5. Masukkan garam ke dalam telur lalu aduk lagi hingga rata
6. Bentuk adonan kentang tadi menjadi bulat pipih
7. Lalu masukkan adonan yang sudah dibentuk tadi ke dalam kocokan telur
8. Setelah dicelupkan di telur taruh adonan ke Air Fryer
9. Lalu masak di dalam suhu 180 ℃ selama kurang lebih 20 menit

Mudah banget kan buat perkedel tanpa minyak moms? Rasanya enak ya moms, lembut dan wangi, tetap enak walaupun tanpa minyak.

Food

Resep Gulai Ikan Kakap Enak Anti Gagal

Hai aunty uncle ketemu lagi sama mommy dan cece di sesi #MasakBarengCece. Hari ini mommy dan cece mau berbagi resep Gulai Ikan Kakap, yuk catat resepnya berikut ini.

Gulai Ikan Kakap

Bahan Utama :

* 2 buah tomat, dipotong dadu
* 10 buah cabe rawit
* 2 sdm garam
* 1 sdm gula pasir
* 50 gr gula jawa
* 1 kg kepala ikan kakap

Bahan Bumbu Halus :

* 6 buah bawang merah
* 4 buah bawang putih
* 2 sdt merica
* 1 sdt ketumbar
* 1 batang lengkuas
* 1 pucuk kencur
* 1.5 ruas jahe
* 1 ruas kunyit

Semua bahan bumbu halus dihaluskan semua ya moms

Bahan Tambahan :

* 2 lembar daun jeruk
* 4 lembar daun salam
* 1 batang sereh, digeprek
* Micin secukupnya
* Santan dari 1 kelapa parut

Cara Memasak :

1. Belah kepala ikan menjadi 2 bagian, lalu beri rongga agar nanti bumbunya meresap
2. Panaskan minyak goreng lalu tumis bumbu halus
3. Masukkan daun salam dan batang sereh ke tumisan bumbu halus
4. Masukkan air
5. Masukkan tomat dan cabe rawit ke dalam panci
6. Masukkan santan lalu aduk hingga merata
7. Ketika sudah menguning masukkan ikan kakap
8. Masukkan garam, gula pasir, gula jawa dan micin lalu aduk hingga semuanya merata
9. Lalu tutup panci, tunggu hingga mendidih dan kuah menjadi kental
10. Bila dibutuhkan, tambahkan ulekan cabe rawit dan kunyit
11. Masak hingga bumbu mengental. Jika sudah mengental angkat dan sajikan Gulai Ikan Kakap

Mudah banget kan moms cara membuatnya? Mommy sengaja masaknya lamaan agar daging ikannya lembut, bumbunya meresap dan mengental. Yuk lihat step by stepnya di video berikut ini untuk lebih jelasnya lagi.

Food

Resep Ayam Panggang Lembut dan Enak

Hai aunty uncle ketemu dengan mommy dan cece di sesi #MasakBarengCece. Kali ini kita mau masak Ayam Panggang Bumbu, Enak dan Gurih. Cece Louisse kasih tahu dulu bahan untuk memasaknya ya, yuk aunty uncle catat bahannya di bawah ini.

Ayam Panggang

Bahan :

* 400 ml air
* 1.5 sdm kecap manis
* 2 batang sereh, digeprek
* 1 sdt air jeruk nipis
* 1 ekor ayam
* 2 buah cabe merah besar
* 2 cm jahe
* 8 butir kemiri
* 12 buah bawang merah
* 8 siung bawang putih
* 1 buah tomat
* 3 buah cabe merah keriting
* 1 sdt garam
* 1 sdt gula merah

Cara Memasak :

1. Lumuri ayam dengan air jeruk nipis dan garam selama 30 menit lalu ditusuk-tusuk agar meresap
2. Buat bumbu halus : Ulek cabe merah besar, cabe merah keriting, jahe, bawang merah, bawang putih, kemiri yang sudah disangrai terlebih dahulu, tomat, gula merah dan garam
3. Masukkan air ke dalam panci
4. Lalu masukkan ayam dan rebus hingga mendidih
5. Setelah mendidih masukkan sereh dan kecap manis lalu aduk hingga rata
6. Kemudian tutup kembali hingga airnya meresap ke seluruh ayam
7. Lalu angkat ayam dan letakkan di atas piring
8. Oleskan ayam dengan bumbu halus hingga ayam habis
9. Masukkan ke dalam oven
10. Panggang selama 20 menit dalam suhu 180 ℃
11. Jika sudah matang, angkat ayam dan hidangkan di piring

Rasanya dijamin enak banget karena bumbunya meresap, dagingnya lembut banget. Cocok buat dimakan sama nasi hangat bersama keluarga moms. Lihat keseruan cece masak bareng mommy di video berikut ini yuk!

Food

Resep Tumis Pakcoy Bawang Putih ala Restoran Bintang 5

Hai aunty uncle bertemu lagi sama cece dan mommy di sesi #MasakBarengCece. Di kesempatan kali ini cece dan mommy mau masak Tumis Pakcoy Bawang Putih. Yuk ikuti kegiatan kita kali ini.

Tumis Pakcoy Bawang Putih

Bahan :

* 6 siung bawang putih, dicincang-cincang
* 150ml air
* 1/2 sdt tepung maizena
* 6 buah pakcoy
* 1/2 sdt gula pasir
* 2 sdm saus tiram

Cara Memasak :

1. Rebus pakcoy selama 30 detik pada air mendidih
2. Setelah 30 detik angkat lalu pisahkan
3. Masukkan minyak goreng secukupnya ke dalam panci
4. Lalu masukkan bawang putih lalu tumis hingga harum
5. Masukkan saus tiram, gula, tepung maizena dan air
6. Aduk hingga merata dan kental
7. Jika sudah mengental tuang saus ke atas pakcoy yang sudah ditaruh di piring

Mudah banget kan? Enggak perlu waktu lama buatnya tapi rasanya dijamin enak moms.

Food

Resep Kepiting Saus Tiram, Masakan Rumahan ala Restoran!

Hai aunty uncle ketemu lagi sama cece dan mommy di sesi #MasakBarengCece. Kali ini mommy dan cece akan masak Kepiting Saus Tiram. Catat bahan dan langkah membuatnya.

Kepiting Saus Tiram

Bahan :

* 2 kg kepiting
* 2 buah bawang bombai
* 1 batang daun sereh
* 2 ruas jahe
* 2 ruas lengkuas
* 2 lembar daun salam
* 2 sdm saus tiram
* 10 sdm saus tomat
* 6 sdm kecap manis
* 12 siung bawang merah
* 8 siung bawang putih
* 5 buah cabe merah besar
* 10 buah cabe rawit
* 4 buah tomat
* 2 sdm garam

Cara Memasak :

1. Cincang bawang bombai
2. Geprek lengkuas, jahe dan sereh
3. Haluskan cabe rawit dengan cara ditumbuk lalu diblender
4. Haluskan cabe merah besar dengan cara diblender
5. Tumbuk bawang putih, bawang merah dan masukkan sedikit garam hingga halus, lalu sisihkan
6. Haluskan tomat lalu sisihkan
7. Lalu masukkan semua bahan yang sudah dihaluskan dan dicampurkan ke dalam wadah
8. Bersihkan kepiting terlebih dahulu
9. Tumbuk bagian cangkang kepiting agar bumbu meresap saat dimasak nanti, hati-hati jangan sampai cangkang hancur
10. Panaskan minyak goreng secukupnya
11. Masukkan bawang bombai dan tumis hingga harum
12. Lalu masukkan jahe, lengkuas, sereh dan daun salam lalu tumis sampai wangi
13. Lalu masukkan bumbu halus, masak menggunakan api sedang
14. Masukkan kecap manis, saus tomat, saus tiram dan garam
15. Aduk hingga merata dan tunggu sampai mendidih
16. Masukkan kepiting ke dalam wajan
17. Aduk kepiting dan bumbu hingga merata
18. Lalu masukkan air secukupnya
19. Aduk hingga merata dan tunggu sampai matang
20. Sudah matang, Kepiting Saus Tiram siap dinikmati

Dijamin moms enggak kalah sama masakan restoran, yuk dicobain moms resepnya. Simak keseruan masak Kepiting Saus Tiram di video berikut ini yuk!

Food

Resep Nasi Telur Kecap, Ekonomis tapi Enak

Hai aunty uncle ketemu lagi sama mommy dan cece di sesi #MasakBarengCece. Hari ini kita mau masak Nasi Telur. Jadi Nasi Telur ini benar-benar gampang banget dan sempat viral Nasi Telur Kecap. Kali ini kita akan coba juga nih.

Nasi Telur

Bahan :

* Nasi putih secukupnya
* 1 butir telur ayam
* 1 sdm kecap asin
* 1 sdm kecap manis
* 4 sdm minyak goreng
* 5 siung bawang putih, digeprek dan dicincang halus lalu digoreng, jangan sampai gosong
* 1/4 sdt lada
* 2 buah cabe rawit, dipotong kecil-kecil
* 3 sdm air

Cara Memasak :

1. Masukkan kecap asin ke dalam mangkok, lalu masukkan kecap manis, lada, cabe rawit, air, bawang putih lalu aduk sampai rata
2. Panaskan minyak goreng
3. Setelah minyak panas, masukkan telur
4. Masukkan bumbu yang tadi sudah dibuat ke atas putih telur
5. Goreng hingga matang, jangan sampai gosong
6. Setelah telur matang, letakkan telur di atas nasi putih. Selesai. Nasi telur kecapnya siap dinikmati

Enak, ekonomis dan mudah sekali buatnya. Dijamin si Kecil juga doyan. Yuk lihat keseruan cece masak bareng mommy di video berikut ini.

Food

Resep Masak Coa Makanan Khas Bagan Siapi Atau Kue Bolu Ubi Goreng Isi

Hai aunty uncle ketemu lagi sama cece dan mommy di sesi #MasakBarengCece. Tapi hari ini spesial karena ada amah juga yang mau bantu masak makanan kali ini. Kali ini kita mau masak Coa, kue khas Bagan Siapi Api. Coa ini adalah kue bolu ubi isi kacang tanah, sayur dan kacang merah. Jadi sebelum masak kita kasih tahu bahan-bahannya dulu ya.

Coa (Kue Bolu Ubi Goreng Isi)

Bahan :

* 1 kg ubi
* 500 gr tepung ketan
* 1 sdm tepung tapioka
* 1 sdm tepung ketan beras
* Gula secukupnya
* 2 sdt garam

Isian :

Isian kacang tanah :

– 300 gr kacang tanah
– 1 sdm gula

Isian kacang merah (tausa):

– 400 gr kacang merah
– 4 sdm gula

Isian sayur :

– 2 sdm minyak goreng
– 1/2 buah kol, diiris halus
– 1.5 buah bengkuang, diiris halus
– 2 buah wortel, diiris halus
– 2 buah jamur hioko, direndam air sebentar dan diiris halus
– 5 buah cabe rawit, dipotong kecil-kecil
– 1 sdm gula
– 2 sdm garam

Cara Memasak :

Membuat isian sayur :

1. Panaskan minyak goreng
2. Masukkan jamur hioko, masak hingga harum
3. Masukkan bengkoang
4. Masukkan wortel kemudian diaduk-aduk
5. Masukkan kol kemudian aduk rata
6. Masukkan garam, gula dan aduk rata
7. Kalau sudah layu berarti sayur sudah matang. Angkat lalu sisihkan dulu ya moms

* Tips : Jangan dicampur air ya moms masaknya

Membuat isian kacang merah (tausa) :

1. Masukkan kacang merah dan air secukupnya ke dalam presto
2. Masak selama 30 menit
3. Jika sudah 30 menit, angkat kacang dan letakkan dalam mangkok
4. Masukkan kacang merah dan air ke dalam blender, lalu blender
5. Lalu saring kacang merah yang telah diblender
6. Kacang merah yang telah disaring lalu dimasak sampai kental
7. Masukkan gula lalu aduk hingga rata
8. Setelah 15 menit kacang merah akan berubah warna menjadi merah agak kehitaman
9. Jika sudah berubah warna maka kacang merah siap diangkat lalu sisihkan dulu

Membuat isian kacang tanah :

1. Masukkan kacang tanah ke dalam penggorengan lalu sangrai kacang hingga matang
2. Jika sudah matang angkat kacang lalu bersihkan kacang dari kulit ari kacang tanah
3. Jika sudah bersih haluskan kacang tanah
4. Masukkan gula lalu aduk hingga rata

Setelah isiannya siap kita lanjut untuk buat bola ubinya ya, berikut stepnya :

1. Rebus ubi. Ubi yang telah matang, didinginkan dalam suhu ruangan
2. Air rebusan ubi tadi jangan dibuang tapi disimpan ya moms
3. Siapkan wadah, masukkan tepung ketan, gula, ubi dan setengah air rebusan ubi tadi lalu campurkan dan uleni semua bahan
4. Jika adonan sudah kering masukkan air ke dalam adonan lagi. Tambahkan air perlahan-lahan
5. Saat adonan selesai diuleni maka adonan siap diisi dengan isian yang tadi sudah kita buat
6. Ambil segenggam adonan, bulatkan lalu buat seperti mangkok
7. Lalu kita masukkan isian sayur / kacang tanah / kacang merah. Untuk cabe itu tergantung selera ya moms kalau suka pedas boleh pakai banyak kalau tidak ya enggak perlu pakai cabe banyak-banyak.
8. Jika sudah terisi, tutup adonan dan pastikan tidak ada udara yang masuk.
9. Lumuri pada tepung ketan beras
10. Ulangi langkah tersebut sampai adonan habis. Oh iya moms agar kita bisa tahu isi di dalamnya apa kita buat bentuk yang berbeda-beda ya moms antara yang isi sayur, kacang merah dan kacang tanah.
11. Jika adonan sudah habis, panaskan minyak goreng lalu goreng adonan tersebut hingga berwarna kuning keemasan dan telah mengapung ke atas
12. Coa siap dinikmati bersama keluarga

* TIPS PENTING :

1. Bila menemukan ubi yang belum menyatu atau belum hancur, campurkan semua adonan dari awal kembali agar tidak menggumpal.
2. Saat adonan sudah diisi dan moms harus menutup adonan, pastikan tidak ada udara di dalam adonan ya, karena kalau masih ada udara di dalam adonan ketika nanti kita goreng itu bisa pecah.
3. Agar kacang tanahnya wangi kita ulek-ulek aja ya moms jangan diblender, karena kalau diblender akan keluar minyaknya.

Gimana moms? Mudah kan? Memang sih buat Coa ini agak ribet, banyak stepnya tapi dijamin deh setelah jadi, Coa ini bisa jadi cemilan yang sangat mengenyangkan dan enak dinikmati bersama keluarga.

Food

Resep Sup Asparagus Kepiting Anti Tanpa MSG, Cocok Untuk Anak-anak

Kembali lagi sama cece dan mommy di sesi #MasakBarengCece. Hari ini kita mau masak Sup Asparagus Kepiting. Dicatat ya moms resepnya di bawah ini.

Sup Asparagus Kepiting

Bahan :

* 300gr asparagus, dibersihkan dan direbus hingga lunak lalu potong kecil-kecil
* 200gr daging kepiting
* 100gr kacang polong
* 3 sdm minyak wijen
* Gula secukupnya
* Garam secukupnya
* Lada secukupnya
* 2 sdm kecap asin
* 1.5 sdm tepung maizena
* 8 siung bawang putih
* 2 butir telur
* Bubuk bawang putih secukupnya dicincang halus
* Kaldu bone broth “salmon” secukupnya
* 150 gr jagung
* Air 350ml

Cara Memasak :

1. Tuangkan minyak pada wajan dan panaskan
2. Lalu masukkan bawang putih, tumis hingga harum
3. Masukkan kepiting lalu aduk
4. Masukkan air 350ml
5. Masukkan kaldu salmon bone broth
6. Masukkan jagung dan asparagus. Biarkan hingga mendidih
7. Masukkan kacang polong lalu aduk-aduk
8. Masukkan garam, gula, bubuk bawang putih dan lada
9. Lalu masukkan minyak wijen dan kecap asin
10. Masukkan tepung maizena yang sudah dicairkan sedikit demi sedikit
11. Masukkan telur perlahan-lahan, sedikit demi sedikit
12. Setelah diaduk-aduk hingga rata, sup asparagus kepiting siap dihidangkan

Wangi banget loh moms. Kekentalannya juga sudah pas. Untuk rasanya enak banget, dijamin ketagihan. Mau lihat hasilnya? Play video di bawah ini ya.