Food

Cara Membuat Selai Strawberry, Hanya Perlu 3 Bahan

Hai aunty uncle kembali lagi di sesi #masakbarengcece. Kali ini cece dan mommy akan membuat selai strawberry nih. Daripada beli, yuk kita buat selai strawberry sendiri.

Bahan

* 1 kg strawberry

* 1/2 sdt garam

* Gula secukupnya

Cara membuat

~ Masukkan strawberry ke dalam mangkok lalu haluskan strawberry menggunakan sendok

~ Setelah semuanya dihaluskan lalu aduk-aduk

Oh iya moms, moms boleh menambahkan air ya ke adonan strawberry ini. Tapi kalau mommy enggak tambahkan air, karena itu hanya akan memperlambat proses pemasakan nanti. Jadi cukup dengan strawberry itu saja ya moms.

~ Masukkan strawberry halus ke dalam wajan

~ Masak dengan api kecil

~ Masukkan garam

~ Setelah itu masukkan gula

~ Lalu aduk sampai larut

~ Perlahan-lahan naikkan api, tunggu sampai mendidih dan biarkan, lalu aduk sesekali. Tunggu sampai kental. Setelah kental, selai strawberry sudah siap disajikan

* Tips untuk mengetahui selai strawberry sudah kental atau belum, ambil 1 sendok letakkan di piring lihat apa selai tersebut geser atau tidak

Mudah sekali kan moms cara membuat selai strawberry. Selai strawberry ini teksturnya masih ada kasar-kasarnya ya moms enggak seperti selai pada umumnya yang dijual di pasaran karena enggak diblender pada proses menghaluskannya tadi.

Food

Resep Cookies Chocochips Mudah Dan Enak

Hai moms semua, bertemu lagi sama mommy dan cece di sesi #masakbarengcece. Moms ingin buat cookies tapi takut ribet dengan cara membuatnya? Jangan takut moms, karena hari ini mommy dan cece mau memberikan resep mudah membuat cookies hanya dengan menggunakan 1 bungkus premix cookies dari Morris. Penasaran bagaimana membuatnya? Yuk ikuti step by stepnya berikut ini moms.

Ingredients

* Morris cookies premix flour 1 kemasan

* 1 butir telur ayam

* Cetakan kue (optional)

Morris cookies premix flour ini sudah lengkap banget moms. Di dalam 1 kemasan Morris cookies premix flour terdapat 4 macam bahan yaitu: bahan 1, bahan 2, chocolate chips dan margarin. Yuk langsung saja kita buat cookiesnya.

How to cook

~ Campur bahan 1 dengan mentega, lalu kocok hingga mengembang.

~ Ketika sudah mengembang, masukkan telur dan aduk-aduk lagi hingga merata

~ Masukkan bahan 2 ke bahan 1 yang tadi sudah dikocok dengan telur ya moms, lalu kocok lagi hingga merata

~ Masukkan 2/3 chocolate chips ke dalam adonan lalu aduk hingga rata

~ Olesi butter di atas loyang, lalu cetak adonan sesuai dengan ukuran yang diinginkan jangan lupa taburkan sisa chocolate chips yang tersisa pada setiap adonan

~ Panggang di suhu 170°C selama 15-20 menit

~ Setelah matang, angkat dan cookies siap dinikmati

Morris indonesia bikin kita gampang bikin cookies di rumah, enggak ribet dan enggak berantakan. Thank you Morris Indonesia!

Food

Resep Rendang Ayam Tanpa Santan

Di #masakbarengcece kali ini kita akan masak rendang nih moms. Rendang identik dengan santan ya moms. Tapi bagaimana kalau kita enggak punya santan di rumah? Tenang aja moms, mommy akan berikan resep membuat rendang tanpa menggunakan santan. Yuk simak resepnya berikut ini moms!

Bahan

* 10 lembar daun jeruk

* 6 lembar daun salam

* 1 kg ayam

* 2 batang daun sereh digeprek

* Garam secukupnya

* Gula pasir secukupnya

* Gula merah secukupnya

* 2 ruas jari lengkuas digeprek

* Air secukupnya

Sebelum mulai memasak, kita mau buat bumbu halusnya dulu moms. Apa aja bahannya?

* 16 buah bawang merah

* 10 butir kemiri

* 6 ruas jari kunyit

* Lada secukupnya

* 30 buah cabe merah keriting

Cara membuat

~ Rebus daging ayam selama 10 menit

~ Setelah 10 menit angkat daging ayam, lalu tiriskan

~ Kuahnya jangan dibuang ya moms, nanti akan dipakai

~ Tuang minyak goreng di panci yang lain

~ Setelah minyak panas, masukkan bumbu halus

~ Masukkan kaldu ayam

~ Masukkan daun jeruk, daun salam, sereh dan lengkuas lalu aduk-aduk

~ Tumis sampai wangi

~ Masukkan kaldu ayam

~ Masukkan ayam lalu aduk merata

~ Tambahkan kaldu ayam lagi

~ Masukkan 3 sdm lada, gula pasir secukupnya, garam secukupnya dan gula merah

~ Lalu aduk sampai rata

~ Masak hingga matang

~ Rendang ayam tanpa santan siap disajikan

Nah, mudah sekali kan moms cara membuatnya dan yang pasti enggak ribet. Jadi tanpa santan pun, kita bisa membuat rendang moms. Sekian untuk resepnya, see you next time!

Food

Cara Membuat Bakcang Isi Daging Babi Telur Kuning

Halo moms semua! Kembali lagi di sesi #masakbarengcece nih moms. Hari ini mommy mau ajak Louisse masak makanan yang dulu dijual sama Amah nih moms, yaitu bakcang. Nah penasaran kan bagaimana cara membuat bakcang? Yuk ikuti resep berikut ini step by step.

Bahan

* Daun bambu secukupnya rebus selama 15 menit agar daunnya jadi lebar dan gampang untuk dilipat

* Beras ketan putih 1 kg direndam 2 jam

* Bawang putih 10 siung dibelah 2

* 2 sdt kecap asin pekat

* 1 sdm kecap asin cair

* 4 sdm minyak goreng

* Ngohiong bubuk secukupnya

* 1 sdm gula pasir

* 1 sdm merica

* ½ sdm garam

* 1 sdm madu

* 1 sdm sagu

* 1 kg samcan/daging babi

* Ebi/udang kering secukupnya

* Lakci/chesnut secukupnya

* 5 buah jamur hioko

* Kacang tanah kaleng secukupnya

* 15 butir telur asin

* Sosis babi lapchiong secukupnya

* 2 batang kayu manis

* Air secukupnya

* Benang secukupnya

Cara membuatnya

~ Rendam ebi dengan air panas

~ Rendam jamur hioko dengan air panas

~ Rendam lakci dengan air panas

~ Iris menyilang sosis babi lapchiong kemudian panggang

~ Pisahkan kuning telur dan putih telur dari telur asin, di sini kita hanya mengambil telur kuningnya saja

~ Rebus samcan/daging babi selama 5 menit. Setelah matang tusuk-tusuk daging menggunakan garpu

~ Iris daging besar-besar

~ Tuang kecap asin pekat dan kecap asin cair di atas daging

~ Taburkan ngohiong bubuk

~ Campurkan semuanya hingga rata

~ Cocolkan daging di atas 1 sdm madu dan 1 sdm sagu

~ Kemudian goreng daging babi di atas minyak panas. Setelah matang angkat lalu sisihkan dahulu

~ Iris-iris jamur hioko

~ Masukkan daging tadi ke dalam panci pesto lalu masukkan gula dan garam, 2 batang kayu manis, 6 siung bawang putih, 500ml air, lakci dan jamur hioko

~ Kemudian presto selama 1 jam

~ Setelah matang, kita angkat masing-masing bahan tersebut dan pisahkan satu sama lain

~ Potong daging menjadi 3 bagian

~ Angkat kuah presto dan sisihkan dahulu

~ Di wajan yang lain, tumis bawang putih secukupnya

~ Masukkan ebi lalu goreng

~ Masukkan beras ketan putih, lalu aduk-aduk

~ Masukkan saus tiram secukupnya

~ Masukkan 1 sdt garam

~ Masukkan kuah presto yang tadi sudah dipisahkan

~ Masukkan air secukupnya

~ Diamkan hingga beras ketan setengah matang

~ Angkat beras ketan

~ Ambil daun bambu dalam keaaan terbalik dan disusun panjang, pendek, panjang, pendek lalu lipat

~ Masukkan nasi ketan ke dalam daun bambu

~ Lalu masukkan samcan

~ Masukkan sosis babi

~ Masukkan jamur hioko

~ Masukkan lakci

~ Masukkan bawang putih

~ Masukkan kuning telur asin

~ Masukkan kacang tanah

~ Lalu tumpuk dengan nasi ketan lagi

~ Tutup daun pembungkusnya dan ikat menggunakan benang/tali

~ Lakukan hal yang sama sampai bahan-bahannya habis

~ Kukus bakcang selama 45 menit

~ Angkat dan bakcang sudah siap dinikmati

Resep masakan kali ini memang butuh waktu dan bahan yang banyak ya moms. Mommy tadi masak bareng cece dan amah sekitar 2-3 jam. Bagaimana moms, tertarik untuk mencoba? Yuk simak step by stepnya di video berikut ini!

Food

Resep Masak Cumi Asin Pete Pedas

Halo aunty uncle semua! Kembali lagi sama mommy dan cece di sesi #masakbarengcece nih. Untuk para penggemar pete yuk sini merapat, karena kali ini kita akan masak cumi asin pete pedas. Enggak perlu berlama-lama ya moms, yuk langsung mulai aja masaknya.

Bahan

* 250gr cumi asin

* 100gr pete

* 1 ruas jari lengkuas

* 5 buah cabai hijau, potong kecil-kecil

* 3 buah cabai merah keriting, potong kecil-kecil

* Kecap manis

* Saus tiram

* Gula pasir

* 4 lembar daun jeruk

* 5 siung bawang putih

* 6 buah bawang merah

* 2 kemiri yang sudah disangrai

* 1 buah tomat

* Cabai rawit

Sebelum mulai memasak kita akan haluskan beberapa bahan di atas ya moms, untuk dijadikan bumbu halus. Bahan-bahannya adalah sebagai berikut:

* Bawang putih

* Bawang merah

* Kemiri yang sudah disangrai

* Tomat 

* Cabe rawit

Cara membuat

~ Panaskan sedikit minyak goreng di panci

~ Setelah minyak panas, masukkan bumbu halus lalu tumis hingga harum

~ Masukkan cumi asin lalu aduk hingga rata

~ Masukkan pete, cabe merah keriting, cabe hijau, daun jeruk, gula, saus tiram dan kecap manis

~ Masukkan air secukupnya, lalu aduk-aduk hingga rata. Tunggu matang

~ Setelah matang letakkan di piring, cumi asin pete pedas siap dinikmati

Masaknya gampang banget dan sebentar aja moms. Untuk pecinta asin dan pedas boleh banget dicoba moms resep ini. Yuk lihat keseruan cece masak cumi asin pete pedas bareng mommy di video berikut ini!

Food · Pregnancy

Segudang Manfaat Kacang Almond untuk Ibu Hamil Dan Ibu Menyusui

Lagi hamil bawaannya pengen ngemil ya moms? Kalau ngemil snack banyak micinnya, kalau ngemil cokelat banyak gulanya nanti diabetes. Ngemil apa ya yang enak tapi juga mengandung nutrisi yang tinggi?

Permasalahan cemilan itu menjadi salah satu masalah yang sering dihadapi oleh bumil (ibu hamil) ya moms, dan mommy juga sudah ngerasain 2x moms. Memang para bumil itu bawaannya pengen ngemil terus, tapi sering banget kita mengabaikan kandungan yang ada di dalam makanan dan minuman yang kita konsumsi. Kalau sampai kita ngemil terus atau minum minuman yang kurang gizi akan berakibat buruk terhadap janin kita. Sering banget kan kita dengar baby yang lahir kekurangan gizi, enggak mau kan kita seperti itu moms, kasihan ibu dan babynya.

Nah kali ini mommy akan membahas cemilan sehat yang sering banget diabaikan oleh para bumil dan busui (ibu menyusui), padahal cemilan ini luar biasa manfaatnya, belum lagi gizinya, yaitu kacang almond.

Manfaat kacang almond untuk bumil dan busui

1. Almond mengatasi mual pada bumil

Jadi biasanya bumil mual-mual di trimester satu ya moms, 1-3 bulan pertama kehamilan. Nah dengan kita mengonsumsi kacang almond, kita dapat mengatasi mual kita. Kenapa? Karena kacang almond ternyata memiliki kandungan riboflavin yang sangat dibutuhkan oleh bumil. Per 100 gram kacang almond mengandung sekitar 23% riboflavin yang sangat dibutuhkan oleh bumil loh moms. Enggak mau mual saat hamil? Konsumsi kacang almond.

2. Almond dapat membantu perkembangan otak janin kita

Jadi selama kehamilan, kita membutuhkan yang namanya asam folat. Asam folat sendiri dapat membantu perkembangan otak si janin, kerja saraf dari janin itu sendiri dan dapat menurunkan cacat terhadap janin kita moms. Selain itu almond dapat membantu perkembangan otak dan mata bayi. Dan ternyata asam folat bisa didapatkan dari kacang almond moms.

3. Almond dapat meningkatkan kekebalan tubuh bumil

Jadi selama masa kehamilan, bumil harus banget menjaga kekebalan tubuhnya. Kandungan Vitamin C pada almond dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh bumil, sehingga bumil jarang sakit.

4. Almond kaya akan Vitamin E

Vitamin E dalam almond berperan dalam pembentukan sel kulit dan sel rambut terhadap baby kita. Bahkan Vitamin E dapat menjaga kesehatan kulit pada bumil agar enggak terlalu kering dan tetap sehat. Ternyata Vitamin E juga dapat menurunkan risiko stretch marks pada bumil. Mommy sendiri konsumsi almond cukup rutin, mommy enggak ada stretch marks sampai sekarang, bener-bener bersih total loh moms. Belum lagi Vitamin E dapat menangkal radikal bebas, mencegah kerusakan sel tubuh, dan meningkatkan jumlah darah dalam tubuh kita.

5. Almond dapat membantu pencernaan pada ibu hamil

Moms pernah enggak sih kita pas hamil susah BAB? Nah mommy sendiri pas hamil cukup rutin konsumsi almond jadi pencernaan mommy tiap hari lancar. Ternyata almond memiliki kandungan serat yang sangat tinggi yang dapat menjaga metabolisme tubuh dan memperlancar pencernaan, jadi kalau susah BAB saat hamil konsumsi almond.

6. Sumber protein yang sangat dibutuhkan oleh para bumil

Sebanyak 100 gram almond ternyata terdapat 6 gram protein atau sekitar 8,5% protein dari kacang almond. Dan ternyata 8,5% protein yang didapatkan dari kacang almond adalah protein yang sangat dibutuhkan setiap harinya oleh bumil. Karena protein itu dapat membantu pembentukan sel-sel tubuh janin, menguatkan otot jaringan janin, dan menjaga stamina bumil agar bumil enggak cepat lelah.

Untuk kalian para busui, kacang almond itu bagus banget karena bisa memperlancar ASI kita, dan mommy sudah buktiin sampai kelahiran kedua. ASI jadi lancar banget.

Mommy ketika hamil makan kacang almond, sudah lahiran makan kacang almond, sedang tidak hamil tidak menyusui tetap makan kacang almond, karena bisa menjaga stamina, kesehatan, menambah vitamin dan protein dalam tubuh mommy. Kalau kalian malas mengunyah, enggak perlu bingung moms, karena ada susu kacang almond.

Susu almond untuk bumil itu sering banget untuk pengganti susu sapi dan kandungan gulanya lebih rendah. Dengan kandungan gula lebih rendah itu dapat menghindari diabetes gestasional yang disebabkan oleh asupan gula berlebihan dan meningkatkan gula darah selama kehamilan.

Banyak banget kan moms manfaat kacang almond untuk bumil dan busui? Jadi yuk mulai sekarang konsumsi kacang almond yang rutin moms!

Food

Cara Membuat Bawang Goreng, Simple Dan Mudah Banget!

Ketemu lagi sama mommy dan cece di sesi masak bareng cece. Jadi hari ini kita akan masak bawang goreng. Kita akan kasih tips kenapa bawang gorengnya bisa garing dan enak versi kita. Enggak perlu lama-lama ya moms, langsung aja lihat resepnya berikut ini.

Bahan

* Bawang merah

* 1 sdt garam

* Minyak goreng

Cara membuat

~ Bawang merah dipotong tipis-tipis

~ Setelah dipotong letakkan di mangkuk

~ Masukkan garam ke dalam mangkuk yang berisi bawang merah yang sudah dipotong tadi

~ Lalu aduk hingga merata

~ Panaskan minyak goreng secukupnya

~ Jika minyak sudah panas, masukkan bawang ke dalam panci

~ Goreng hingga berwarna keemasan

~ Jika sudah matang, angkat lalu tiriskan di atas tisu dapur ya moms agar tidak terlalu berminyak

~ Bawang goreng siap dimakan

Simple banget kan moms? Bawang goreng ini bisa untuk taburan berbagai jenis makanan moms, misalkan nasi uduk, ditaburkan di atas nasi hangat si Kecil, bahkan dijadikan camilan juga bisa moms, tapi jangan banyak-banyak ya agar tidak panas dalam. Untuk lihat lebih jelasnya bagaimana cara membuat bawang goreng moms bisa klik video berikut ini.

Food

Resep Tempe Orek Kering, Enak Dan Gampang

Hai aunty uncle kembali lagi sama mommy dan cece di sesi masak bareng cece. Nah hari ini kita mau masak apa ya? Hari ini kita mau masak tempe orek anti gagal dan dijamin enak, yuk langsung kita lihat resepnya

Ingredients

* 3 siung bawang putih

* 4 siung bawang merah

* ½ jari lengkuas

* Kecap manis

* 1 sdt gula pasir

* 1 sdt garam

* 1 papan tempe yang sudah dipotong dadu

* 3 helai daun salam

* 3 buah cabe merah

* Penyedap rasa secukupnya

How to cook

~ Bawang putih, bawang merah, beserta cabe dihaluskan lalu geprek lengkuas

~ Panaskan minyak goreng

~ Ketika minyak sudah panas, goreng tempe yang sudah dipotong dadu

~ Goreng tempe sampai berwarna kecoklatan

~ Angkat tempe yang sudah matang

~ Lalu tiriskan di atas tissue dapur

~ Tuang 1 sdt minyak goreng ke dalam wajan

~ Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan

~ Lalu goreng bumbu tersebut

~ Tambahkan air secukupnya

~ Masukkan 3 helai daun salam

~ Lalu goreng hingga matang

~ Tambahkan sedikit air

~ Tumis hingga matang

~ Masukkan tempe yang sudah digoreng tadi

~ Kemudian masak tempe goreng dengan api kecil

~ Tambahkan garam pada masakan

~ Lalu tambahkan penyedap rasa

~ Masukkan gula

~ Masukkan kecap manis secukupnya

~ Aduk-aduk, lalu masak hingga matang

~ Tempe orek kering siap disajikan

Mudah banget kan moms cara membuatnya, cece juga doyan banget moms. Agar lebih jelasnya lagi moms bisa tonton video berikut ini untuk cara membuat orek tempe kering anti gagal ya.

Food

Homemade Abon Ayam by Mommy and Cece

Hi moms! Kembali lagi dengan saya dan baby Louisse yang masih #dirumahaja. Kali ini, kami akan kembali mencoba menu baru yaitu Abon Ayam. Abon Ayam merupakan salah satu lauk yang populer di Indonesia. Tidak hanya rasanya yang sangat gurih, tapi juga sehat bernutrisi tinggi lho, moms!

Dan tidak dipungkiri jika harga makanan ini tergolong cukup mahal ya, moms. Padahal bikinnya itu cukup mudah loh, mau tahu? Yuk simak bahan dan cara membuatnya sebagai berikut!

Ingredients :

• 3 lembar Daun Jeruk
• 3 lembar Daun Salam
• 2 cm Lengkuas
• 1 batang Serai
• 400 ml Santan
• 500 gr Daging Ayam
• Air Putih Secukupnya
• 1 cm Kunyit
• 25 gr Gula Merah
• Garam
• 4 siung Bawang Putih
• 1 sdt Ketumbar
• 4 butir Kemiri
• 4 siung Bawang Merah

Cara Membuat :

  1. Geprek Daging Ayam dan suwir menjadi kecil – kecil
  2. Geprek Lengkuas menjadi halus
  3. Geprek batang Serai
  4. Haluskan Bawang Putih, Bawang Merah, Kunyit, dan Ketumbar menjadi satu
  5. Tuangkan sedikit minyak goreng ke dalam wajan
  6. Tumis bumbu dapur yang telah dihaluskan
  7. Masukkan Daun Jeruk, Daun Salam, batang Serai dan Lengkuas
  8. Masukkan Santan dan masak hingga mendidih
  9. Masukkan Daging Ayam yang sudah disuwir lalu aduk – aduk hingga merata
  10. Terus aduk – aduk seluruh adonan hingga santan menyerap dan kering
  11. Jika sudah kering, pisahkan adonan ke wadah terpisah
  12. Masukkan minyak secukupnya ke dalam wajan dan gunakan api sedang
  13. Goreng adonan ayam yang sudah kering tadi hingga warna kecoklatan
  14. Ketika matang, angkat dan tiriskan
  15. Tiriskan Abon Ayam hingga benar – benar kering
  16. Abon Ayam siap disajikan!

Nah, mudah sekali kan, moms? Semoga dapat menjadi referensi mommy – mommy yang ingin membuat Abon Ayam selama masih #dirumahaja ya, agar menu masakan kalian semakin variatif. Kemudian, kira – kira gimana ya dengan menu Abon Ayam kali ini? Apakah rasanya enak? Simak selengkapnya di video berikut yuk, moms!

Food · Motherhood

REVIEW : Restoran terHits Ibu-ibu Muda dan Instagramable, “Pink Mamma”

Hai moms, kali ini saya mau memberikan review restoran terhits untuk ibu-ibu muda. Sambil menunggu untuk menjemput anak sekolah, saya luangkan waktu untuk datang ke Pink Mamma. Tidak hanya menyediakan makanan yang enak, tapi tempat ini juga sangat bagus untuk orang-orang yang suka hunting foto. Setiap sudut dari tempat ini instagenic banget lho moms. Jadi jika kalian ingin ke sini jangan lupa menggunakan outfit yang kece dan siapkan pose terbaik kalian supaya mendapatkan hasil foto terbaik.

Ketika kalian masuk ke Pink Mama, kalian akan langsung disambut dekorasi yang manis banget! Dipenuhi dengan warna-warna merah muda, masuk ke sini rasanya fresh banget, salah satu sudut yang menarik perhatian banget adalah tembok yang dipenuhi mawar merah muda ini. Bahkan, spot ini makin manis lagi dengan akses pegasus di tengah-tengah bunga yang bermekaran. 

Kalian juga bisa memilih tempat duduk di salah satu sudut tembok mawar yang ini. Berikan gaya terbaikmu moms dan moms langsung punya foto yang instagenic banget! Bisa langsung dibagikan ke media sosial milikmu, deh!.

Beberapa makanan yang saya sempat cicipi juga enak dan lezat lho moms, beberapa menu yang saya cobai yaitu Mie Ayam Khas Mamma yang menjadi makanan khas di tempat ini, dan yang kedua adalah Nasi Cakalang. Untuk nasi cakalangnya juga tidak kalah lho moms, tapi memang porsinya tidak sebanyak mie ayam khas mamma. Untuk minumannya saya memesan Cherry Blossom Latte, yang unik adalah penyajian latte yang sangat kental tapi tetap nikmat sekali jika diminum. Untuk makanan penutup yang saya pesan adalah Avocado Tart adalah perpaduan cream avocado dengan kue yang dilapisi coklat, sungguh perpaduan rasa yang lezat!

Owh iya moms, untuk kalian yang mau datang ke Pink Mamma bisa langsung ke alamat Jl. Garden House Pantai Indah Kapuk, No.18, Jakarta Utara. Cafe ini buka hingga pukul 10 malam. Buat yang mau temu kangen dengan teman-teman lama, kalian bisa ngobrol sepuasnya deh, di sini.

For more information : Instagram = @Louissescarlett and @loewyaxell

#Parenting #MomsMilennial #YoutuberAnak #MainanAnak #TipsBayiTabung #MPASI