Kesehatan

Fisioterapi Luckie untuk Stimulasi Otak yang Mengecil dengan Pengobatan Singapore

Hari ini mami akan sharing tentang pengobatan mengenai Atrofi Otak yang dialami Luckie. Kalau Luckie nggak mendapatkan pengobatan yang cepat dan stimulasi yang baik, akan membuat Luckie terlambat dalam segala aspek, termasuk Luckie akan tumbuh menjadi anak yang kurang pintar.

Akhirnya mami memilih untuk melakukan pengobatan sel punca yang dimana Luckie akan makan obat-obatan secara oral berbentuk sirup. Tapi sebelum itu Luckie sudah sempat dapat fisioterapi dengan dr. Rita di Singapore untuk menstimulasi agar otaknya Luckie berkembang sedikit demi sedikit, bisa tahu bagian tubuhnya dan lain sebagainya.

Fisioterapi untuk menstimulasi Atrofi Otak pada anak ini benar-benar berhasil dilakukan pada anak yang mengalami autisme atau mengalami cedera otak yang cukup parah. Dan buktinya mereka bisa lebih baik lagi. Semoga moms bisa mempraktekkan fisioterapi ke anak yang membutuhkan, mau anak normal atau Atrofi Otak seperti Luckie semua bisa karena tujuan fisioterapi ini adalah untuk menstimulasi otak anak agar lebih berkembang.

Langkah Fisioterapi :

  • Rapatkan kedua kaki bayi, luruskan lalu tekuk kaki bayi hingga membentuk sudut 90ΒΊ dan telapak kaki menyentuh lantai. Ulangi sebanyak 10x
  • Gunakan 1 tangan untuk menahan bokong si Kecil, lalu tekuk lutut si Kecil hingga dada. Setelah ditekuk putar searah jarum jam dan sebaliknya. Masing-masing 10x putaran
  • Miringkan tubuh bayi (ini namanya recovery position)
  • Setelah selesai kita angkat tubuh bayi lalu buat anak kita loncat sampai kakinya menyentuh tanah atau lantai. Lakukan sebanyak 10x.
  • Letakkan tangan kiri kita ke dada baby, lalu pukulkan tangan kanan kita ke tangan kiri yang menempel di dada baby
  • Lalu tepuk kedua tangan baby kita dengan perlahan menggunakan tangan kita
  • Lalu tepuk kedua paha baby
  • Tepuk kedua telapak kaki baby
  • Buka telapak tangan babyi lalu kita masukkan jempol kita ke dalam telapak tangan baby yang terbuka lalu ajarkan untuk menggenggam selama beberapa detik
  • Pijit jari-jari tangan si Kecil secara perlahan. Gerakan ini untuk menstimulasi agar si Kecil mengenali jari-jarinya
  • Ulangi langkah memijat jari tangan tadi ke kaki si Kecil juga
  • Gunakan 2 jari tangan kita dan pijat bagian wajah si Kecil, di jidat, bawah hidung, dagu, ujung mulut dan pipi. Jika si Kecil menengok ke kanan dan kiri itu berarti dia merespon dengan baik.
  • Gosokkan kedua tangan kita agar panas lalu letakkan di bagian wajah baby

Nah itu dia fisioterapi basic yang harus diulang setiap hari untuk menstimulasi otak si Kecil. Tunggu update terbaru dari mami ya mengenai fisioterapi selanjutnya yang dilakukan Luckie. Untuk lebih jelasnya lagi mengenai step by step fisioterapi yang dilakukan Luckie, moms bisa langsung klik video di bawah ini ya.

Kesehatan

Pengobatan untuk Laringomalasia (Sesak Nafas) Di Endoscopy Center RSIA Bunda

Hari ini mami mau sharing tentang saluran pernafasan Luckie yang sempat bermasalah. Kemarin mami juga sempat sharing ya, moms boleh baca di artikel Bayiku Batuk Pilek Berdahak, Ternyata Bronkopneumonia. Keadaan Luckie sudah lebih membaik, di hari ke-4 Luckie menjalankan terapi. Terapinya adalah mengeluarkan lendir-lendir keras di bagian punggung bawah Luckie.

Jadi setelah melakukan terapi itu yang awalnya Luckie level oksigen yang digunakan adalah 5, setelah diterapi turun jadi 2. Di hari ke-5, Luckie terapi lagi dan level oksigen yang tadinya 2 turun lagi jadi 0.5 dan sudah bisa merespon. Jadi Luckie yang biasanya bengong, nggak merespon karena oksigen nggak sampai ke otak, di hari ke-5 ini dia sudah bisa merespon ke mami.

Di hari ke-6 alat oksigen sudah nggak pakai sama sekali, tapi selang untuk makan tetap masih pakai karena Luckie nggak boleh minum secara oral, cuma boleh dari selang takutnya nanti masuk ke organ tubuh yang lain dan membahayakan nyawanya. Mami benar-benar happy dengan keadaan Luckie yang membaik dan diharapkan 1 sampai 2 hari selanjutnya Luckie sudah pulang ke rumah. Tapi walaupun sudah boleh pulang ada beberapa syarat yang harus mami ikutin yaitu :

  1. Luckie tidur harus dalam posisi mendongak karena Luckie mengalami Laringomalasia
  2. Luckie pada saat pulang masih harus minum susu dan obat pakai selang

Jadi Laringomalasia itu adalah kelainan bawaan yang mana membuat terganggunya dan terlambatnya pertumbuhan laring sehingga menyebabkan pernafasan anak lemah dan bakal bisa menutup sebagian jalan keluar masuknya oksigen.

Maka dari itu suplai oksigen nggak akan tersalur dengan baik ke seluruh organ tubuh itu sebabnya Luckie mengalami otaknya mengecil karena oksigen nggak sampai ke otak, sering bengong dan nggak fokus. Mami sendiri sebenarnya juga agak terlambat dalam menangani yang akhirnya menyebabkan otaknya Luckie nggak terstimulasi dengan baik. Luckie itu lemah organ tubuhnya karena suplai oksigen nggak cukup ke organ tubuh yang lain.

Laringomalasia ini memiliki ciri-ciri :

1. Baby yang baru lahir suara nafasnya berisik

Luckie sendiri memang lahir prematur dan Laringomalasia ini memang sudah ada sejak dia lahir. Menurut dokter akan dilihat seiring perkembangan Luckie apakah Laringomalasia ini membaik atau memburuk. Ternyata setelah kena bronkopneumonia sepertinya Laringomalasia Luckie memburuk, saluran oksigennya benar-benar sempit.

2. Tubuh baby sering biru

Luckie sendiri memang dari lahir seluruh tubuhnya sudah biru

3. Suka tersedak susu

Pernah sekali tersedak susu sama mami alhasil mukanya biru dan bahkan berhenti nafas selama 2 detik.

4. Sleep apnea

Baby yang mana jadwal tidurnya seharusnya banyak, tapi dia jarang tidur.

5. Kalau ambil nafas sulit

6. Berat badan bayi tidak bisa naik

Kalau kalian sudah menemukan ciri tersebut segera lakukan pengobatan untuk anak. Mami cukup happy karena tanggal 22 April 2021 mami ikut pre launch untuk launching produk terbaru di RSIA Bunda Menteng yaitu Endoscopy Centre dan itu yang akan menjadi pengobatan khusus Laringomalasia.

For your information, endoskopi ini adalah cara mendiagnosis penyakit dengan menggunakan selang yang belakangnya ada kamera dan dimasukkan ke dalam organ tubuh, jadi kita bisa lihat keadaan di dalam tubuh itu ada apa. Nggak cuma itu, ternyata kamera itu juga bisa mendiagnosis dengan tepat penyakit yang sedang dialami. Dan selang yang dimiliki oleh RSIA Bunda Menteng ini bisa untuk orang dewasa bahkan untuk baby yang baru lahir dan itu nggak sakit sama sekali.

Dengan endoskopi di RSIA Bunda ini tim dokter yakin Laringomalasia Luckie bisa didiagnosis dengan tepat dan diberikan pengobatan yang tepat. Nanti akan dilihat Laringomalasia Luckie itu seberapa parah, dan pengobatan yang dibutuhkan seperti apa?

Nah itu dia update perkembangan Luckie, nanti mami akan update lagi perkembangannya bagaimana. See you di next #CurcolYukMoms.

Baby · Kesehatan

Bayiku Batuk Pilek Berdahak, Ternyata Bronkopneumonia

Mami memiliki bayi prematur, London dan Luckie yang lahir di usia 34 minggu jalan 35 minggu. Kalau Luckie memang dari awal lahir sudah masuk NICU 4 hari 3 malam karena paru-parunya belum berkembang dengan sempurna. Pada saat itu dirawat di NICU agar paru-parunya berkembang minimal bisa bertahan hidup tanpa alat pernafasan baru dipulangkan. Setelah 4 hari 3 malam Luckie pulang. Dari awal Luckie pulang, dia sering mengeluarkan suara grok-grok moms.

Mami tanya sama dokter, kata dokter nggak kenapa-kenapa. Ini terjadi karena paru-parunya belum berkembang sempurna. Luckie itu sering banget tersedak susu bahkan sempat dia kesedak susu sampai mukanya biru semua dan berhenti nafas selama 2 detik. Dari kejadian itu mami jadi lebih hati-hati kalau kasih susu dan kalau ngasih susu harus dari mami nggak boleh orang lain yang ngasih.

Seiring berjalannya waktu, Luckie usia 2 bulan sudah membaik. Jarang banget tersedak susu, suara grok-groknya sudah mulai berkurang. Tapi di usia 3 bulan mulai lagi suara grok-grok nya muncul. Mami kira memang paru-parunya masih belum berkembang dengan sempurna. Dan dia mulai tersedak susu lagi, anehnya lagi dia mulai batuk berdahak. Dari situ mami pikir mami kasih ASI aja itu juga nanti hilang sendiri, karena pengalaman dari anak-anak sebelumnya begitu. Tapi yang bikin mami bingung London dan Luckie berdua batuk berdahak, tapi Luckie nggak hilang-hilang batuk berdahaknya. Sesekali aja memang batuknya, tapi yang makin mami curiga Luckie kalau tidur bersuara.

Karena mami cukup bingung, akhirnya mami kirim video Luckie ke dokter. Dokter bilang Luckie sesak nafas dan Luckie harus dibawa ke rumah sakit segera. Besoknya mami langsung bawa Luckie ke RS. Kebetulan dokter yang biasa handle Luckie oper ke dokter yang lain karena dia lagi di luar kota. Dokter yang 1 ini ketika lihat Luckie dia bilang nggak kenapa-kenapa, ini baik-baik saja yang penting alerginya disembuhkan dulu. Lalu mami diminta beli alat nebulizer dan nanti akan dikasih obatnya, nanti digunakan di rumah biar dahaknya encer karena banyak dahak di paru-paru.

Besoknya yang biasa suara grok-grok itu keluar pas malam hari aja, tapi pas paginya suara Luckie juga mengeluarkan suara grok-grok, mami pikir ini makin parah. Lalu mami buru-buru ke rumah sakit dan ketemu dokter Markus dan beliau bilang kalau Luckie harus segera dirawat karena dia sesak nafas. Saturasi oksigen Luckie itu cuma 80 yang mana normalnya harus di angka 95 minimal.

17 April 2021 Luckie dirawat inap di RS Bunda Menteng. Jadi selama dirawat itu dia dipasang selang di hidung untuk dia minum, karena kalau dia minum langsung ditakutkan nanti pas minum susu dan kesedak cairannya masuk ke organ tubuh lain makin bahaya. Selain itu Luckie diinfus, diambil darah berkali-kali karena sempat nggak dapat nadinya. Luckie dipasang alat saturasi oksigen di kaki.

Di tanggal 17 April 2021 ini Luckie sempat mengalami masa kritis sampai 18 April 2021 di pagi hari. Luckie saturasi oksigennya di malam hari turun sampai 79. Semalaman dari tanggal 17 April 2021 itu mami gendong terus Luckie dengan posisi kurang lebih 45 ℃, saturasi oksigennya aman yaitu 100. Tapi di pagi hari tiba-tiba Luckie lagi tidur saturasi oksigennya turun terus sampai 70 dan nggak bisa naik.

Setelah serangkaian tes yang dilakukan, akhirnya Luckie didiagnosis menderita Bronkopneumonia yaitu adanya infeksi virus di paru-paru. Di paru-parunya dipenuhi oleh lendir banyak banget dan itu yang membuat jalan masuknya oksigen menyempit sehingga Luckie sesak nafas. Untungnya di tanggal 18 April 2021 di siang hari sudah sedikit membaik. Dokter juga dikasih terapi uap tiap 4 jam sekali dan dilakukan pengambilan lendir juga dari hidung dan mulut. Diharapkan agar bisa membuat jalur masuknya oksigen daripada kemarin.

Walaupun lendirnya sudah diambil nanti bisa muncul lagi moms ternyata. Jadi lendir itu akan terus nambah, tapi dengan diambil minimal jalan oksigennya akan lebih baik dan lendir ini akan benar-benar hilang ketika infeksi virus di paru-parunya hilang dengan penggunaan obat-obatan antibiotik yang sudah diberikan.

Di tanggal 18 April 2021 di malam hari Luckie sudah mulai membaik. Karena Luckie suka bengong-bengong mami pikir apakah mungkin karena kekurangan oksigen jadi begitu. Akhirnya Luckie di USG otak dan keluar hasilnya bahwa otak Luckie mengecil, kemungkinan besar karena Luckie sesak nafas jadi aliran oksigen ke otak kurang dan otak menyusut. Kemungkinan besar itu akan mempengaruhi semua kemampuan dia akan lebih lambat dari baby biasanya atau bahkan kurang pintar.

Lalu dokter syaraf juga ngecek Luckie di tanggal 19 April 2021, ternyata kaki Luckie kaku. Jadi dari kaki kaku ini akan mempengaruhi semua organ tubuhnya jadi lemah, maka Luckie akan diterapi.

Dari curhat mami kali ini mami cuma mau berpesan agar kalau kalian juga mempunyai anak yang mengalami sesak nafas, nafasnya grok-grok seperti Luckie segera bawa ke rumah sakit, jangan sampai kayak mami yang lumayan terlambat bawa Luckie ke rumah sakit. Karena anak yang usianya di bawah 2 tahun kekebalan tubuhnya belum sekuat anak-anak di atas 2 tahun atau orang dewasa, kalau dia kena virus sedikit aja itu bisa kena pneumonia.

Bronkopneumonia ini nggak hanya dialami oleh bayi prematur tapi bayi yang lahir normal pun bisa juga mengalaminya ya moms, cuma memang bayi prematur lebih riskan. Semoga bermanfaat.

Kesehatan

Wajib Tahu, Pantangan Setelah Operasi Caesar!

Hampir 90% wanita di Indonesia akan memilih melahirkan dengan cara operasi caesar. Tapi nyatanya operasi sesar nggak segampang yang orang pikirkan. Nyatanya banyak sekali wanita, khususnys di Indonesia setelah melakukan operasi sesar mengeluh sakit bahkan komplikasi pada luka operasi sesar.

Seperti yang mami alami di kelahiran ketiga, mami rasa luka operasi lebih sakit daripada sebelumnya dan lebih berat menurut mami. Kita sebagai wanita tentunya nggak mau dong sampai luka pasca operasi sesar bertambah sakit atau mengalami komplikasi? Nah berikut 8 pantangan yang harus kita hindari pasca operasi sesar agar kita mengalami infeksi atau komplikasi.

8 pantangan pasca operasi sesar

1. Mengangkat barang berat

Setelah kita melakukan operasi sesar, berat yang boleh kita angkat adalah setara berat baby kita. Misalnya berat badan baby kita 3kg pada saat lahir ya kita cuma bisa angkat barang maksimal 3kg jangan sampai kita angkat barang lebih dari 3kg. Karena kalau tetap kita lakukan seperti itu hanya akan melukai bekas operasi sesar kita yang belum kering.

Belum lagi bisa menyebabkan nyeri karena kita memberikan tekanan ke luka operasi kita, dan amit-amit luka pasca operasi sesar kita bisa terbuka kembali. Bahkan moms dengan kita mengangkat barang berat bisa menyebabkan hernia. Hernia adalah penonjolan usus di daerah bekas luka operasi sesar. Ingat ya moms, jangan angkat barang berat pasca operasi sesar. Istirahat dulu minimal 1-2 bulan.

2. Terlalu sering naik turun tangga

Sama halnya dengan mengangkat barang berat, dengan kita naik turun tangga itu hanya akan memberikan tekanan pada luka pasca operasi sesar dan itu mami rasakan. Luka bekas operasi sesar mami yang belum kering itu mami berikan tekanan dengan sering naik turun tangga sehingga kalau tidur itu sakit banget. Selain memberikan tekanan pada luka operasi sesar kita, dapat menyebabkan nyeri, bisa terbukanya kembali luka operasi sesar, juga bisa menyebabkan hernia loh moms. Minimal istirahat dahulu selama 1-2 bulan.

3. Mengonsumsi makanan yang menimbulkan sembelit

Setiap kita habis operasi sesar kita akan mengalami susah BAB. Ini adalah hal yang wajar ya moms. Tapi biasanya dokter akan memberikan obat pelancar BAB. Di hari ke 4 – 7 kita baru mulai BAB. Selama masa pemulihan ini dilarang untuk makan makanan yang memicu sembelit seperti coklat, kopi, teh, soda, pisang, sosis dan daging sapi. Kita jangan terlalu banyak makannya, jangan terlalu sering, kurangi agar tidak menimbulkan sembelit pada usus kita. Sedangkan kita disarankan setelah operasi sesar mengonsumsi makanan berserat tinggi seperti oat, gandum, nasi merah, pepaya, pir, buah-buahan dan sayur hijau.

4. Terlalu sering berbaring

Jadi banyak ibu-ibu yang selalu berpikir setelah operasi sesar harus tiduran terus di kasur, ternyata ini adalah salah ya mom. Kita harus tetap beraktivitas seperti biasa tapi jangan yang terlalu berat moms. Dengan kita banyak bergerak itu akan mempercepat penyembuhan luka pasca operasi sesar kita.

5. Terlalu sering membuka tutup luka bekas operasi sesar

Setelah kita operasi sesar biasanya luka yang sudah dijahit akan ditutup dengan foam dressing, lalu 5-7 hari kemudian kita akan cek ke dokter. Nah moms di hari 5-7 yang luka kita ditutup foam dressing biasanya akan menimbulkan gatal. Walaupun gatal, jangan pernah membuka tutup foam dressing itu karena bisa menyebabkan bakteri dan kuman masuk ke luka bekas operasi sesar yang belum kering, dan tentunya itu bisa menimbulkan infeksi.

6. Berhubungan intim

Bukan berarti nggak boleh sama sekali ya moms. Tapi kalau kita terlalu dini melakukan hubungan intim itu hanya akan membuat infeksi pada organ intim dan tentunya memperlambat penyembuhan dan pemulihan diri kita pasca operasi sesar. Jadi disarankan kalau mau berhubungan seksual tunggu sampai masa nifas sudah lewat. Apa itu masa nifas? Masa nifas adalah masa pemulihan pasca persalinan hingga seluruh organ reproduksi wanita pulih kembali.

7. Diet ketat

Setelah operasi sesar sangat dilarang melakukan diet ketat. Faktanya kita sebagai wanita setelah operasi sesar diharuskan makan yang banyak, yang bernutrisi, bergizi sehingga dapat membantu mempercepat penyembuhan dan pemulihan diri kita pasca operasi sesar dan tentunya juga berpengaruh ke ASI kita. Kalau kita diet ketat yang ada hanya akan memperlambat penyembuhan diri kita. Kita nggak bertenaga, nggak bersemangat. Belum lagi berpengaruh ke ASI jadi kurang juga.

8. Berenang

Kolam renang itu penuh dengan kuman dan bakteri, jadi saat kita berenang kita hanya akan membuat infeksi pada luka pasca operasi sesar kita. Tahan sampai bekas luka operasi kita benar-benar sembuh dan kering total baru boleh berenang ya moms.

Itulah 8 pantangan yang harus kita hindari pasca operasi sesar agar luka bekas operasi sesar cepat sembuh dan tidak infeksi. Yang perlu kita ketahui kalau sampai bekas luka operasi sesar kita mengalami infeksi atau komplikasi adalah :

  • Akan terus mengeluarkan nanah
  • Nggak kering-kering
  • Merasakan nyeri tubuh yang sangat hebat
  • Keputihan dengan bau yang tidak sedap

Kalau sampai kita menemukan hal seperti itu segera ke dokter terdekat untuk melakukan pengobatan agar tidak terlambat.

Kesehatan · Pregnancy

Jangan Menahan Buang Air Kecil Saat Hamil, Bisa Terkena Penyakit Berbahaya!

Sering buang air kecil itu adalah keluhan yang umum dan wajar dirasakan oleh semua bumil. Keluhan BAK akan terus bertambah seiring bertambahnya usia kehamilan.

Kok bisa bumil BAK terus?

Di trimester 1 bumil akan memproduksi hormon hcG dalam tubuhnya. Yang mana hormon tersebut membuat produksi urin meningkat dan disertai dengan pembesaran ukuran rahim sehingga frekuensi BAK lebih banyak dari sebelum kita hamil. Sedangkan di trimester kedua rahim kita makin besar, begitupun baby kita yang semakin besar makin tertekan, yang mengakibatkan semakin tertekannya saluran kemih sehingga akan membuat frekuensi BAK bertambah.

Sedangkan di trimester 3, darah akan lebih banyak mengalir ke otot panggul terutama bagian ginjal. Ginjal akan menyaring darah lebih banyak dari biasanya dan itulah yang membuat frekuensi BAK akan lebih banyak lagi dari trimester 1 dan 2. Selain itu di trimester 3 baby akan semakin besar lagi, makin menekan bagian kantong kemih, uretra dan otot pelvis kita.

Sehingga nggak aneh kalau sampai kita ketemu bumil apalagi yang di usia kehamilan trimester 3 sering BAK. Lagi ngobrol, ketawa tiba-tiba air seni keluar dengan sendirinya, dan itu mami rasakan moms. Jadi ketika mami hamil di usia trimester ketiga jalan 8 bulan frekuensi BAK makin sering dibandingkan trimester sebelumnya apalagi ini hamil kembar.

Kenapa bumil nggak boleh menahan BAK?

Namanya bumil, frekuensi BAK banyak banget apalagi sudah trimester 3. Ketika bumil sedang kepepet, di jalan kita mau BAK nggak mungkin kita langsung buang, pasti kita tahan minimal sampai menemukan tempat untuk kita bisa BAK baru kita BAK, ya kan moms? Tapi ternyata praktek menahan BAK pada bumil itu sangat salah atau tidak diperbolehkan karena dapat menyebabkan Infeksi Saluran Kemih.

Infeksi Saluran Kemih adalah infeksi yang terjadi di salah satu bagian saluran berkemih kita atau uretra (saluran pelepasan air seni) dan biasanya ISK ini rentan terjadi pada wanita dibanding pria dan akan lebih rentan lagi terjadi pada bumil. Kok bisa?

  1. Karena ibu hamil memiliki sistem daya kekebalan tubuh lebih lemah
  2. Ibu hamil sering menahan BAK

Kenapa bumil kalau menahan BAK bisa menyebabkan ISK?

Jadi ketika bumil menahan BAK itu membuat bakteri tinggal lebih lama di saluran kemih kita, sehingga dapat memicu berkembang biaknya bakteri dari ISK itu.

Ciri-ciri ISK :

  1. Infeksi saluran kemih itu bisa menyebabkan nyeri panas saat kita BAK
  2. Ada darah dalam urin kita
  3. Demam
  4. BAK berbusa
  5. Warna urin keruh
  6. Merasakan nyeri di bagian perut bawah
  7. Terus merasa ingin BAK
  8. Buang air kecil tidak merasa tuntas

Jadi di tanggal 23 November 2020, di usia kehamilan mami hamil kembar 31 minggu, mami baru aja merasakan gejala ISK ini. Jadi mami sempat terjadi kontraksi kelahiran prematur tapi diiringi nyeri perut bagian bawah. Lalu memang yang biasanya mami sering BAK, saat itu frekuensi lebih sering lagi. 1 jam bisa 15x bolak balik ke toilet hanya untuk BAK. Mami pada saat BAK panas dan nyeri banget, kayak susah banget BAK tapi pengen BAK. Lalu pada saat mami sudah membersihkan organ miss V mami itu rasanya agak sakit. Dari sana berulang kali sepanjang malam mami BAK terus nggak berhenti sampai akhirnya mami dibawa ke RS, mami tes lab.

Hasil tes lab

Untuk hasil infeksi itu paling aman di bawah 5. Tapi angka mami sudah 4.7 sudah mendekati ke infeksi. Makanya mami merasakan gejala seperti itu. Dan dokter langsung memberikan mami antibiotik sebagai penanganan awal jangan sampai infeksi berlanjut sampai benar-benar ISK.

Apa sih penyebab ISK ini?

Jadi ISK ini disebabkan bakteri E Coli yang biasanya ada di saluran cerna dan bakteri E Coli ini pindah ke saluran uretra kita atau saluran kantong kemih kita biasanya karena kita kurang memperhatikan kebersihan bagian organ intim atau miss V kita.

Memang benar ISK itu bahaya?

ISK ini kalau misalnya nggak ditangani lebih lanjut dapat menginfeksi ginjal kita yang dapat membuat kontraksi, kelahiran bayi prematur, berat badan bayi rendah dan tentunya dapat membahayakan nyawa ibu dan calon baby kita. Dan kalau infeksi ini tetap dibiarkan itu juga dapat membuat kerusakan ginjal kita secara permanen. Kalau untuk ISK ini ada contoh kasus salah satunya artis Irish Bella. Irish Bella ini mengalami ISK sehingga membuat kedua baby kembarnya meninggal di dalam perut ibu. Jadi moms belajar dari pengalaman ini, kita harus hati-hati soal ISK dan jangan sampai kita cuek soal ISK, karena kita nggak mau sampai membahayakan kita pribadi dan calon baby kita.

Penanganannya bagaimana?

  1. Kita harus tahu dari awal gejala-gejala ISK ini kemudian segera datang ke dokter untuk diberikan antibiotik seperti mami. Mami konsumsi antibiotik sehari 2x.
  2. Jaga kebersihan organ intim kita
  3. Cuci tangan sesering mungkin
  4. Gunakan pakaian dalam berbahan katun
  5. Hindari minuman/makanan berkafein karena kafein itu bersifat geuretik (menarik cairan dalam tubuh) yang membuat kita terus menerus ingin BAK
  6. Lakukan double-P, jadi kalau sampai kita BAK, sudah BAK kita BAK lagi, tuntaskan BAK jangan sampai ada yang tersisa sehingga kita tidak akan membuat bakteri tertinggal di saluran kemih kita yang akan membuat mereka berkembang biak dan menginfeksi saluran kemih kita.

Nah itu dia seputar ISK dari ciri hingga penanganannya, semoga bermanfaat ya.

Baby · Kesehatan

Bayi Kuning Saat Baru Lahir? Ini Penyebab dan Cara Merawatnya

Baby kuning umumnya akan terjadi pada hampir seluruh baby yang baru saja lahir atau sekitar 60% dan biasanya kondisi ini enggak parah, normal. Tapi moms ternyata ada beberapa kondisi bayi kuning yang cukup mengkhawatirkan dan harus kita perhatikan, karena dengan kadar bilirubin yang cukup tinggi ini dapat merusak otak baby secara permanen moms.

Penyebab bayi kuning apa sih?

  1. Terlahir prematur
    Penyebab pertama ini cocok banget dengan baby kembar mami. Baby kembar mami itu lahir prematur dengan usia kehamilan 34 minggu dan itu menjadi salah satu penyebab utama kenapa 2 baby mami kuning.
  2. Terlahir dari ibu yang mempunyai riwayat diabetes gestasional
    Mami sampai hari ini nggak ada diabetes, tapi setiap melahirkan kadar gula mami selalu tinggi dari anak pertama sampai keempat. Dan ini jadi penyebab kedua kenapa mami mempunyai anak yang keempatnya kuning.
  3. Tidak mendapatkan cukup ASI
    Jadi setiap mami lahiran mami selalu berusaha memberikan ASI eksklusif walaupun sedikit dan kemungkinan besar ASI yang mami berikan kurang banyak sehingga membuat kadar bilirubin sulit terbuang melalui urin atau tinja baby mami.
  4. Terdapat cedera atau memar pada saat persalinan karena persalinan lama dan sulit
    Dan ini cocok banget terhadap baby kembar mami yang nomor 4, Luckie Caesar. Jadi persalinan untuk Luckie itu benar-benar sulit, lama dan ada memar di sekujur tubuhnya Luckie. Bahkan setelah dia keluar dari NICU memarnya masih ada di bagian matanya.

Gejala dari bayi kuning yang berbahaya

  1. Kulit dan kelopak mata baby kita akan berwarna kekuningan dibandingkan saat dia baru lahir
  2. Urin baby akan lebih pekat akan kelihatan saat kita mengganti pampers baby kita
  3. Kita bisa lihat dari tinja baby kita akan berwarna sedikit pucat atau keputihan

Sebenarnya kenapa ada penyakit baby kuning? Kuning ini disebabkan kadar bilirubin dalam tubuh baby kita atau tubuh orang dewasa yang sangat tinggi. Sedangkan zat kuning ini diproduksi pada tubuh dengan memecah sel darah merah dan biasanya baby kita akan memproduksi bilirubin yang lebih tinggi dibandingkan orang dewasa. Yang jadi masalahnya moms, fungsi organ hati pada baby kita yang tugasnya membuang zat atau kadar bilirubin ini belum bisa berkembang dengan maksimal. Sehingga ini membuat zat kuning dalam tubuh baby kita tertumpuk dan membuat baby kita bisa berwarna kuning. Sebenarnya baby kuning ini bisa hilang dengan berjalannya waktu seiring dengan berkembangnya fungsi hati baby kita.

Apa yang harus dilakukan kalau baby kuning?

  1. Beri lebih banyak ASI
    Dengan kita memberikan ASI eksklusif secara rutin dan lebih banyak ke baby kita dapat mengatasi kuning pada baby kita. Zat yang terkandung pada ASI dapat meningkatkan sistem imun pada baby agar dapat menjaga otak baby kita dari serangan bilirubin yang cukup tinggi. Sehingga dampak dari kadar bilirubin tinggi yang dapat merusak otak baby kita secara permanen itu hilang. Selain dapat mencegah dan mengatasi kuning pada baby kita, memberikan ASI juga dapat memberikan ketenangan pada baby kita dan tentunya dapat menghindarkan baby kita dari dehidrasi.
  2. Jemur baby
    Menjemur baby yang baru lahir itu banyak manfaatnya. Salah satunta dapat mengatasi dan menyembuhkan kuning pada baby kita. Papapran sinar matahari memiliki vitamin D yang dapat menyembuhkan kuning pada baby kita. Jemur baby pada jam 9.00-10.30 dan jangan sampai mata baby kita terkena langsung sinar matahari, gunakan penutup mata.
  3. Fototherapi
    Ini sudah mami lakukan pada Luckie Caesar. Fototherapi ini adalah metode perawatan paparan cahaya yang digunakan untuk menghancurkan bilirubin pada tubuh baby kita. Lalu bilirubin itu akan dibuang melalui urin atau tinja baby kita dan itu terbukti efektif banget. Luckie menggunakan fototherapi sekitar 2 hari aja sekarang sudah enggak kuning sama sekali beda sama London yang tidak menggunakan metode fototherapi. Fototherapi ini memiliki efek samping yaitu ruam dan diare tapi untungnya Luckie enggak mengalami efek samping tersebut.
  4. Konsultasi dengan dokter anak
    Kalau sampai kuning baby kita enggak kunjung hilang dalam waktu 2 minggu atau lebih, segera konsultasi dengan dokter anak. Sama halnya dengan mami, anak mami London mengalami kuning lebih lama, makin lama makin kuning. Lalu mami konsultasi ke dokter dan apakah perlu fototherapi. Dokter lihat di telapak kaki London masih berwarna merah, dan itu nggak perlu moms. Metode fototherapi, transfusi darah atau metode perawatan yang lebih lanjut akan dilakukan kalau sampai telapak baby kita juga kuning maka butuh perawatan lebih lanjut. Kalau masih merah tidak masalah kata dokter. Dokter bilang kurang lebih sampai usia London 6 bulan maka akan putih lagi seperti baru lahir.

Semoga informasi dan pengalaman yang mami sharing ini bermanfaat ya moms. See you di sesi #CurcolYukMoms selanjutnya.

Baby · Kesehatan

Cara Membersihkan Mulut Bayi Baru Lahir

Hai moms ketemu lagi dengan mami di sesi #CurcolYukMoms. Moms sering enggak sih kita dengar pendapat tentang nggak perlu membersihkan mulut baby karena belum tumbuh gigi? Nah moms memang faktanya bayi baru lahir belum memiliki gigi,sehingga kebersihan mulut pada bayi yang baru lahir jarang diperhatikan. Padahal sebenarnya kebersihan mulut pada baby baru lahir itu harus diperhatikan karena sisa ASI atau air susu yang dikonsumsi baby akan menempel di lidah dan sekitar gusi baby. Kalau tidak dibersihkan dalam waktu yang cukup lama, maka akan terjadi penumpukan bakteri dan kuman di bagian mulut dan gusi baby kita.

Belum lagi baby kita gampang banget terserang oleh kuman penyakit yang dimana menyerang ke usus pencernaan. Padahal pencernaan baby kita masih rentan dan sensitif sekali moms. Selain itu juga bisa menyebabkan penyakit gusi dan yang paling parahnya adalah infeksi jamur Candida. Infeksi ini terjadi ada bercak putih di bagian lidah dan mulut baby kita. Lalu ada sariawan di bagian dalam pipi baby kita. Dan biasanya infeksi jamur ini memang tidak berbahaya. Ketika kita ke dokter kita akan diberikan obat anti jamur yang akan diteteskan ke lidah baby kita.

That’s why membersihkan mulut dan gusi pada bayi baru lahir itu penting. Selain menjadi bersih ternyata manfaatnya banyak moms, yaitu akan membuat indera perasa baby kita lebih baik, mengurangi sisa-sisa ASI atau air susu yang menempel di sekitar lidah dan gusi baby, menurunkan resiko penumpukan bakteri atau kuman di mulut dan mengurangi bau tidak sedap di mulut si Kecil.

Lalu bagaimana cara membersihkan mulut dan gusi pada bayi?

  1. Cuci tangan
    Baby yang baru lahir, bagian mulutnya enggak terlalu besar otomatis kita akan menggunakan tangan kita untuk masuk ke dalam mulut baby untuk membersihkan bagian lidah dan gusi. Sebelum kita melakukan hal itu jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun antiseptic dan air mengalir, agar jangan sampai tangan kita yang penuh dengan kuman kita masukkan ke mulut baby. Nanti yang ada kuman masuk ke dalam tubuh baby kita. Padahal baby yang baru lahir itu rentan dan sensitif.
  2. Kain kasa steril
    Setelah kita mencuci tangan kita, selanjutnya kita balut kain kasa di jari telunjuk kita. Lalu masukkan telunjuk ke air hangat.
  3. Membersihkan
    Kita masukkan jari yang sudah terlilit kain kasa ke dalam mulut baby kita. Kalau baru awal biasa baby akan nolak. Kita lakukan gerakan memutar dan sesekali kita menyeka bagian pipi dalam dan gusi baby kita dengan perlahan. Kita lakukan gerakan membersihkan ini minimal 1x sehari apalagi setelah menyusui.

Nah itu adalah cara membersihkan lidah dan gusi baby kita. Ingat ya moms kebersihan mulut dan gusi lidah bayi baru lahir itu penting sekali. Kalau enggak itu bisa menyebabkan beberapa masalah mulut pada baby kita. Lebih baik mencegah daripada mengobati kan?

Untuk lebih jelas bagaimana cara membersihkan mulut baby, tonton videonya di bawah ini ya.

Baby · Kesehatan

Tanda-tanda Bahaya Bayi Baru Lahir, Harus Hati-hati Nih Moms!

Siapa sih orangtua di dunia ini yang nggak bakal happy kalau baru saja mendapatkan buah hati tercinta? Semua pasti happy ya, bahkan mami sendiri walaupun sudah punya 2 anak, tapi ketika melahirkan anak kembar (anak ketiga dan keempat) rasanya itu mami happy banget.

Berbicara tentang bayi baru lahir, ternyata ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan pada newborn baby jika memiliki beberapa gejala atau tanda-tanda bahaya berikut. Jangan sampai kita sebagai orangtua kita enggak aware terhadap gejala atau tanda bahaya tersebut yang bisa mengakibatkan kematian terhadap baby kita. Apa saja tanda bahaya tersebut?

6 tanda bahaya terhadap bayi yang baru lahir yang harus kita perhatikan

1. Bibir berwarna biru – sianosis

Sianosis adalah kondisi ketika jari tangan, kuku dan bibir tampak berwarna kebiruan karena kurangnya oksigen dalam darah. Baby mami, Luckie Caesar adalah baby prematur. Ketika baru lahir sampai dibawa ke rumah dia sesak nafas. Beberapa minggu bibir dia berwarna biru apalagi pada saat dia minum ASI. Bahkan bagian bawah matanya juga berwarna biru. Untuk baby prematur itu hal yang masih termasuk wajar. Tapi kalau sampai birunya itu 1 muka dan bahkan berwarna terong ungu harus dibawa ke RS terdekat. Untuk kasus bayi lahir normal kalau tiba-tiba bibir baby berwarna biru atau bawah matanya berwarna biru langsung bawa ke RS terdekat agar langsung diperiksa.

2. Bayi terlihat sesak nafas

Nah ini mami pengalaman banget moms. Baby yang terlihat sesak nafas biasanya ditandai dengan frekuensi nafas yang sangat cepat. Sama seperti Luckie Caesar. Jadi sesak nafas ini adalah retraksi ketika otot-otot di dada dan leher anak tampak naik turun lebih hebat dari biasanya pada saat bayi bernafas. Dada dapat terlihat cekung dan diiringi dengan suara rintihan baby. Untuk kasus Luckie, dia sesak nafas karena memang usia prematur yang cukup rendah, lalu pada saat dia lahir memang organ paru-parunya belum berkembang dengan sempurna. Bahkan sudah keluar dari NICU, kinerja paru-parunya masih lebih rendah dari standar normal jadi dia masih sesak nafas apalagi saat minum ASI. Tapi kalau untuk baby normal kalau sampai terlihat sesak nafas padahal tadinya nggak, segera bawa ke RS terdekat agar cepat terdeteksi apa yang dialami oleh baby kita.

3. Demam di atas 38 ℃

Untuk baby yang baru lahir kalau sampai suhu tubuhnya sampai 38 ℃ bisa jadi itu disebabkan oleh virus influenza. Jadi kalau sampai ada kejadian seperti itu jangan ditunda segera bawa ke RS terdekat agar bisa ditangani dokter.

4. Kulit baby berwarna kuning

Enggak semua kulit baby yang berwarna kuning itu berbahaya. Ada beberapa kasus baby yang kulitnya kuning itu akan hilang dengan sendirinya tapi ada juga beberapa kasus yang cukup parah. Jadi moms, baby yang kondisi kuningnya parah biasanya kulit dia akan berwarna kuning lalu bahkan sampai telapak kaki berwarna kuning, padahal biasanya merah. Kalau sampai sudah berwarna kuning seperti itu berarti kondisinya sudah cukup parah. Nah kuning ini ternyata disebabkan oleh kadar bilirubin yang tinggi. Kadar bilirubin yang tinggi bisa menyebabkan kejang bahkan kerusakan otak secara permanen lho.

5. Baby tidak mau menyusu

Baby yang tidak mau menyusu biasanya akan dehidrasi dan lemah. Kita bisa tahu baby kita dehidrasi atau nggak dari frekuensi buang air kecilnya. Baby yang baru lahir usia 1 hari minimal harus buang air kecil 1x. Baby baru lahir usia 2 hari minimal harus BAK 2x sehari. Usia 3 hari harus BAK 3x sehari minimal. Usia 4 hari minimal BAK 4x sehari. Usia 5 hari minimal harus BAK 5x sehari, dan usia 6 hari minimal harus BAK 6x sehari. Usia selanjutnya minimal harus 6x sehari BAK. Kalau sampai kurang dari itu berarti baby kita mengalami dehidrasi. Baby yang mengalami dehidrasi biasanya lemas, matanya cekung dan mulutnya kering. Kalau sampai kita menemukan kondisi seperti ini pada baby kita yang baru lahir segera bawa ke RS terdekat untuk ditangani.

6. Muntah berwarna hijau atau hitam

Kalau kita sampai menemukan baby baru lahir dan muntah berwarna hijau biasanya ada sumbatan pada saluran cerna. Kalau sampai baby kita muntah berwarna hitam biasanya ada pendarahan dalam saluran cerna. Seandainyai baby kita jatuh dan enggak muntah itu enggak papa tapi kalau muntah langsung bawa ke rumah sakit. Karena kalau sampai anak kita jatuh kena kepala dan dia muntah, berarti ada pendarahan dalam kepala dia.

Nah moms that’s all 6 tanda bahaya baby baru lahir yang harus kita aware dari dini jangan sampai tanda bahaya ini kita kesampingkan sehingga bisa menyebabkan sesuatu hal yang tidak kita inginkan.

Food · Kesehatan

4 Makanan Wajib Dimakan Pasca Operasi Caesar agar Luka Cepat Sembuh!

Setelah operasi sesar biasanya kita akan lama untuk pulih ya moms lukanya. Tapi berbeda dengan mommy, baru 11 hari setelah operasi sesar, mommy sudah pulih seutuhnya. Nah maka dari itu, hari ini mommy akan share 4 resep makanan yang wajib banget dimakan setelah operasi sesar sehingga pemulihan diri dan penyembuhan luka sesar lebih cepat. Seperti mommy ini baru 11 hari setelah sesar sudah pulih seutuhnya.

1. Sup Ayam Bak Kut Teh

Bahan :

  • 150 gr ayam kampung
  • 15 gr obat bak kut teh
  • 5 buah angco (kurma china)
  • 15 gr goji berry
  • 1 sdt garam
  • 2 iris kecil jahe
  • air secukupnya

Untuk membuat supnya mommy hari ini menggunakan pot dari @littlegiant_id ya moms.

Cara Memasak :

  1. Masukkan ayam kampung, goji berry, obat bak kut teh, angco, jahe, garam, air ke dalam pot lalu kita tutup dan tekan tombol on
  2. Tunggu sekitar 1-2 jam, sup ayam bak kut teh siap dihidangkan

2. Sup Ikan Gabus

Bahan :

  • 4 potong ikan gabus
  • 10 gr goji berry
  • 1 sdt garam
  • 2 iris tipis jahe
  • Air secukupnya

Cara Memasak :

  1. Masukkan ikan gabus, goji berry, jahe, garam dan air ke dalam pot lalu kita tutup dan nyalakan
  2. Tunggu 2 jam, sup ikan gabus siap dinikmati

3. Sup Ayam Patin

Bahan :

  • 200 gr ayam
  • 5 buah angco
  • Goji berry secukupnya
  • 1 bungkus obat patin (bisa beli di shopee atau toko obat)
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya

Cara Memasak :

  1. Masukkan ayam, obat patin, goji berry, angco, garam dan air ke dalam pot, tutup dan nyalakan
  2. Tunggu selama 2 jam, sup ayam patin siap dihidangkan

Sup ayam patin ini beda dengan sup ayam bak kut teh ya moms. Kalau sup ayam patin rasa obatnya lebih berasa.

4. Sup Angco / Kurma China

Bahan :

  • 80 gr angco
  • 30 gr goji berry
  • 30 gr tong sem
  • Air secukupnya

Cara Memasak :

  1. Masukkan angco, goji berry, tong sem dan air. Tutup dan nyalakan
  2. Tunggu selama 1 jam. Sup angco siap dinikmati

Ini adalah minuman tiap hari mommy.

Nah itu dia adalah beberapa makanan dan minuman yang membantu mempercepat penyembuhan luka pasca operasi sesar mommy, semoga bermanfaat ya.

Kesehatan · Pregnancy

Atasi Sakit Pinggang pada Kehamilan Muda atau Tua, Dijamin Berhasil

Hai moms, ketemu lagi di sesi #CurcolYukMom. Jadi pada kesempatan hari ini mommy akan curcol mengenai sakit pinggang pada kehamilan. Sakit pinggang ini adalah keluhan yang sering kita temui pada bumil. Dan faktanya sakit pinggang yang dialami bumil biasanya terjadi di trimester 1-3.

Jadi mommy sendiri belum lama ini hamil kembar mommy mengalami sakit pinggang start di trimester 1 sekitar usia kehamilan 2 bulan. Pada saat mommy usia kehamilan 2 bulan, sakit pinggang moms. Sempat mikir ini enggak salah nih sudah sakit pinggang sekarang baru usia kehamilan 2 bulan.

Tapi ternyata moms sakit pinggang yang mommy rasakan di trimester pertama hanya terjadi sekitar 2-3 hari dan membaik dengan sendirinya tanpa mommy sadari dan sekarang kalau ditanya lagi sakit pinggang lagi enggak? Iya. Jadi mommy saat sudah menuju di awal trimester 3 usia kehamilan mommy sudah merasa sakit pinggang banget. Setiap hari sakit pinggang. Dan memang faktanya sakit pinggang ini akan makin memburuk kalau sampai ada sakit di bagian punggung bawah.

Nah biasanya nih moms sakit pinggang yang diiringi dengan sakit punggung bawah ini akan dialami oleh bumil start di usia kehamilan akhir trimester 2 dan di awal trimester 3. Dan sakit pinggang ini di akhir akan makin meningkat seiring membesarnya rahim.

Enggak mau dong kita sakit pinggang terus, pastinya kita mau sehat-sehat aja selama kehamilan. Nah mommy akan memberikan tips mengatasi sakit pinggang. Tapis sebelum kita ke tips mengatasi sakit pinggang pada bumil, kita kenalan dulu dengan penyebab sakit pinggang pada bumil yuk.

Penyebab Sakit Pinggang pada Bumil

1. Pembesaran Daerah Perut

Jadi moms sakit pinggang yang bumil rasakan itu biasanya terjadi karena pembesaran perut. Sehingga bagian pinggang dan punggung bawah kita menopang berat yang lebih dari biasanya. Kayak mommy sendiri, menuju ke usia kehamilan 7 bulan awal trimester 3 perut mommy membesar, maka pinggang dan punggung belakang jadi nopang berat badan kita that’s why mommy merasakan sakit pinggang dan punggung bawah yang cukup luar biasa.

2. Hormon

Hormon relaxin saat hamil akan meningkat sehingga menyebabkan sendi-sendi di bagian pinggang membesar. Nah sendi di bagian pinggang membesar membuat pinggang kita menjadi lembek dan tidak kokoh untuk menahan berat badan tubuh kita.

3. Tekanan Rahim

Tekanan rahim selama kita hamil itu bisa menjadi salah satu penyebab utama kita bisa merasakan sakit pinggang yang luar biasa saat kehamilan. Kenapa? Karena tekanan rahim itu menekan akar syaraf sehingga membuat otot menjadi tegang dan menimbulkan rasa nyeri bagian pinggang.

Itu lah penyebab kenapa ibu hamil bisa merasakan sakit pinggang yang luar biasa selama kehamilan, tentunya kita bumil pasti pengen mengatasi sakit pinggang kita minimal jangan meningkat rasa sakitnya sampai kita persalinan. Nah berikut adalah cara untuk mengatasi sakit pinggang pada ibu hamil selama kehamilan yang sudah mommy buktikan.

Tips Mengatasi Sakit Pinggang pada Bumil

1. Olahraga

Walaupun kita sedang hamil, bukan menjadikan alasan dan kesempatan untuk kita malas-malasan dan tidak melakukan aktivitas apapun. Olahraga itu penting karena olahraga dapat melenturkan badan kita dan memperkuat otot badan. Carilah olahraga yang bisa memperkuat bagian perut bawah, kaki, tangan, pinggang dan punggung. Lalu carilah olahraga yang ringan ya moms seperti jalan kaki, yoga, berenang itu dapat memperkuat otot pinggang, punggung, perut bawah, kaki dan tangan kita.

Olahraga ringan itu dapat meminimalisir bagian sakit pinggang kita dan mommy sudah merasakan sendiri. Mommy awalnya malas olahraga, takut kontraksi. Tapi nyatanya setelah mommy olahraga ringan seperti yoga di rumah, jalan kaki di sekitar rumah sakit pinggang mommy sudah mulai berkurang yang tadinya parah banget.

2. Hindari Penggunaan High Heels

Namanya wanita kita maunya pakai high heels biar kita kelihatan seksi, jenjang kakinya walaupun hamil tetap mau cantik dong tetap pakai high heels. Tapi nyatanya penggunaan high heels pada saat hamil itu tidak memberikan efek yang baik pada kehamilan kita. Karena ketika kita hamil apalagi sudah mulai akhir trimester 3 dan awal trimester 3 yang sudah mulai muncul sakit pinggang dan punggung bawah, penggunaan high heels cuma bisa memberikan ketegangan, yang dimana berat badan kita bertumpu di kaki kita yang menjalar ke bagian pinggang dan punggung sehingga itu hanya akan membuat bagian sakit pinggang dan punggung bawah kita memburuk. Gunakan sepatu datar jangan gunakan high heels ya moms.

3. Hindari Duduk dan Berdiri yang Terlalu Lama

Jadi mommy merasakan sendiri nih, mommy kan boleh dibilang jarang banget bed rest moms. Mommy dari pagi sampai jam 9 malam pasti duduk atau enggak berdiri, bikin konten, non stop dari usia hamil muda dan yang mommy rasakan terlalu lama duduk dan berdiri hanya membuat sakit pinggang dan punggung bawah mommy makin memburuk, makin sakit. Ketika sudah menuju trimester 3 mommy sudah lebih banyakin duduk sebentar, tiduran miring di sofa. Kalau sudah berdiri agak lama, tiduran lagi.

Jadi minimal itu pinggang kita ada topangan sehingga enggak membuat bagian pinggang dan punggung bawah kita makin sakit. Yang mommy rasakan setelah mommy mencoba mengurangi duduk dan berdiri lama, banyakin tiduran tapi bukan berarti enggak melakukan aktivitas ya moms, cuma dikurangi aja aktivitasnya, sakit pinggang dan punggung bawah mommy sudah sangat teratasi moms.

4. Pijit Kehamilan

Kalau mommy flashback di kehamilan pertama dan kedua mommy, mommy hamil baik-baik aja dan fun fun aja. Enggak pernah merasakan sakit pinggang yang luar biasa. Walaupun memang beda ya moms waktu itu kehamilan baby tunggal sedangkan kehamilan ketiga ini adalah kehamilan baby kembar, cuma pada saat kehamilan pertama dan kedua mommy sering pijit kehamilan, seminggu 2x dan sekarang di hamil ketiga jarang pijit karena pandemi Covid-19 enggak berani manggil tukang pijit dan enggak berani pergi pijit, enggak pernah pijit sama sekali sehingga membuat sakit pinggang mommy itu makin berasa banget.

Jadi moms pijit kehamilan itu penting banget apalagi pijit yang bagian pinggang dan punggung bawah. Dengan kita melakukan pijit kehamilan itu bisa melemaskan otot dan relax. Akhir-akhir ini suami sudah mulai pijitin pinggang dan punggung bawah mommy, mommy sudah enggak merasakan sakit pinggang yang luar biasa. Masih sakit pinggang cuma still oke moms.

5. Kompres Pakai Air Dingin

Selama kehamilan ketiga ini mommy mengalami sakit pinggang yang cukup luar biasa. Sambil mommy tiduran di sofa mommy biasa kompres pakai es batu moms. Dan abis kompres enakan, seharian sudah enggak sakit. Bahkan biasa di malam hari mau tidur sakit pinggangnya berasa banget, habis kompres itu enggak berasa moms dan tidurnya enak. Dengan kita mengompres bagian pinggang kita, itu akan melemaskan otot ssehingga otot enggak tegang, sehingga tidak menyebabkan nyeri pada bagian pinggang dan punggung bawah kita.

6. Jangan Tidur Telentang

Ini harus banget dihindari ya moms. Dari kita kehamilan trimester pertama jangan pernah tidur telentang. Kalau bisa kita sebagai bumil biasakan untuk tidur miring ke kanan atau kiri. Jangan lupa bagian salah satu kaki ditekuk kemudian bagian pinggang dan punggung bawah kita berikan bantal. Jadi minimal pinggang dan punggung bawah kita bisa beristirahat sejenak dengan sandaran bantal tadi sehingga otot bagian pinggang dan punggung bawah relax. Dan otomatis sakit pinggang dan punggung bawah yang kita rasakan akan berkurang seiring berjalannya waktu.

7. Jaga Berat Badan Ideal

Bukan berarti kalau bumil itu adalah kesempatan makan sebanyak mungkin, mau berat badannya tambah kayak gimanapun enggak papa. No, walaupun kita hamil tetap jaga berat badan ideal kita jangan sampai over. Dengan berat badan ideal itu akan mengurangi juga sekaligus sakit pinggang dan punggung bawah kita. Karena pinggang dan punggung bawah kita enggak perlu menopang berat badan yang over. Karena makin berat badan kita otomatis sakit pinggang dan punggung bawah yang kita rasakan akan makin meningkat, sehingga jaga berat badan ideal selama hamil itu penting.

Inilah semua 7 cara untuk mengatasi sakit pinggang pada ibu hamil pada trimester 1-3. Mau hamil muda hingga tua, sakit pinggang bisa teratasi kok moms dan bisa kita kendalikan minimal bisa berkurang jangan makin meningkat. That’s all untuk tips mengatasi sakit pinggang pada bumil, see you di next #CurcolYukMom.