Baby · Growth

Tahap Perkembangan Bayi Prematur Usia 8 Bulan

Hai semuanya, ketemu lagi nih sama mami dan si Kembar London Luckie. Kali ini mami mau update tentang perkembangan si Kembar yang sudah usia 8 bulan nih. Yuk langsung simak aja perkembangannya berikut ini.

London Kingston

  • Berat badan 9.74kg dan tingginya 72.5cm
  • Suka berkomunikasi dan suka meniru pembicaraan orang lain
  • Suka berkumpul dengan cece dan kokonya
  • Belum bisa merangkak moms, karena anaknya mager (males gerak)
  • Suka belajar berdiri dan melangkah
  • Sudah bisa duduk sendiri tanpa bantuan dan tegak
  • Lagi suka main di baby walker
  • Lebih banyak makan dibandingkan minum susu
  • Bisa menunjukkan ekspresi dia
  • Suka merebut mainan adiknya
  • London adalah happy baby
  • Suka makan snack
  • Sudah mulai tumbuh gigi 2 buah

Luckie Caesar

  • Berat badan 7.94kg dan tingginya 67cm
  • Lagi belajar untuk mengikuti gerak mulut
  • Suka tertawa
  • Suka main sendiri
  • Sudah bisa duduk tanpa bantuan tapi duduknya belum bisa tegak
  • Pintar merangkak
  • Sudah mau belajar berdiri
  • Lebih banyak makan dibandingkan minum susu
  • Suka banget rebutan mainan sama London
  • Dahak Luckie makin membaik
  • Susah BAB
  • Sudah mulai tumbuh gigi 2 buah

Nah itu dia perkembangan London dan Luckie di usianya yang ke-8 bulan. Sampai ketemu di tahap perkembangan si Kembar usia 9 bulan.

Growth

Tahap Perkembangan Bayi Kembar Prematur Usia 7 Bulan

Halo semuanya ketemu lagi di sesi #CurcolYukMoms. Kali ini mami akan update mengenai perkembangan bayi prematur usia 7 bulan. Yuk langsung aja kita mulai updatenya.

London Kingston

  • Berat badannya 9kg
  • London sudah mulai bisa fokus bermain sendiri
  • Sudah mulai belajar merangkak dan bisa mengesot
  • Sudah bisa berguling
  • Suka makanan yang lebih kental
  • Minum susu 120ml/3 jam dan sudah bisa pegang botol susu sendiri moms
  • London sudah mulai tumbuh gigi
  • Sudah bisa ngomong mama, papa
  • Sudah bisa duduk sendiri dan memegang kakinya sendiri

Luckie Caesar

  • Berat badannya 7.2kg
  • Sudah mulai belajar merangkak
  • Sudah bisa bermain sendiri
  • Makannya pintar
  • Durasi tummy time sudah lama
  • Minum susu 120m/3 jam
  • Suka tertawa
  • Suka berguling-guling

Nah itu dia tahap perkembangan si Kembar London dan Luckie. See you di tahap perkembangan bay usia 8 bulan ya.

Growth

Perkembangan Bayi Kembar Prematur Usia 5 Bulan

Halo semuanya kembali lagi sama mami dan si Kembar. Kali ini mami mau update lagi perkembangan London dan Luckie di usianya yang sudah 5 bulan. Apa saja perkembangan si Kembar ya?

Perkembangan Luckie Caesar :

  • Berat 5.1kg, lingkar kepala 42cm dan tinggi 60cm
  • Penglihatan sudah fokus karena sebelumnya saat di usia 4 bulan dia nggak bisa fokus matanya akibat dari sakitnya itu moms
  • Masih menjalani fisioterapi mata dan otak
  • Lebih manja
  • Minum susu 120ml
  • Banyak minum obat dan vitamin
    Maf Spray (4x spray), Liposomal Vitamin C (2ml sekali minum), Trace Minerals Liquid Ionic Magnesium (5x tetes campurkan ke susu)
  • Tidur lebih nyenyak
  • Laringomalasianya sudah mulai membaik jadi suara grok-grok saat bernafas sudah mulai berkurang
  • Sudah bisa merespon
  • Sudah mulai ada tanda awal pertumbuhan gigi
  • Luckie juga minum susu formula Neocare sejak dia keluar dari rumah sakit karena dia alergi parah ketika minum ASI
  • Cemburuan
  • Makin pintar dan aktif terutama tangan dan kakinya makin kuat
  • Tummy timenya bisa lebih lama
  • Duduk makin bagus

Perkembangan London Kingston :

  • Berat badannya 7.3kg, tingginya 65.5cm dan lingkar kepalanya 44cm
  • Tangan dan kakinya makin kuat
  • Duduk dan tummy time makin bagus
    Dia bahkan sudah bisa menggulingkan badannya sendiri ke posisi tengkurap
  • Tidurnya makin bagus
  • Minum susu 120ml/3 jam
  • Suka bermain dan tertawa
  • Sudah mulai ada tanda awal tumbuh gigi
  • Cepat untuk merespon
  • Sudah mulai kuat berdiri

Nah itu dia perkembangan London dan Luckie di usianya yang ke 5 bulan. Tunggu update perkembangan si Kembar selanjutnya ya.

Growth

Tahap Perkembangan Bayi Kembar Prematur Usia 4 Bulan

Hai semua ketemu lagi di sesi #CurcolYukMoms. Hari ini mami akan update tentang perkembangan si Kembar London Luckie di usianya yang sudah 4 bulan.

Perkembangan London Kingston :

  • Berat dan tinggi badan
    Berat badan London 6.9kg dan tinggi badannya 61.6cm
  • Kepalanya sudah tegak
  • Tummy time 15 menit
  • Minum susu 100ml/3 jam
  • Lebih banyak main daripada tidur. Tidurnya kurang lebih 15 jam
  • Kaki dan tangannya sudah makin kuat
  • Sudah berekspresi lewat mimik mukanya
  • Suka tertawa dan berkomunikasi
  • Suka digendong duduk dan tegak
  • Suka mandi
  • Suka melihat corak baju

Perkembangan Luckie Caesar :

  • Berat badannya 5.4kg dan tingginya 57.9cm
  • Kepalanya sudah lumayan kuat
  • Tangan dan kakinya sudah lebih kuat
  • Banyak berekspresi, suka berkomunikasi dan tertawa
  • Minum susu 100ml/3 jam
  • Lebih jarang tidur
  • Luckie sempat dirawat di rumah sakit nih moms saat usianya 4 bulan. Setelah 7 hari 6 malam di rumah sakit Luckie sudah boleh pulang

Itu dia perkembangan si Kembar London dan Luckie di usianya yang sudah 4 bulan. Tunggu update perkembangan London dan Luckie di usianya yang ke-5 bulan ya.

Growth

Perkembangan Bayi Kembar Premature Usia 3 Bulan

Sudah memasuki usia 3 bulan, saatnya mami update perkembangan si Kembar nih. Pertama-tama mami akan update perkembangan London dulu ya, yuk disimak moms.

Perkembangan 3 bulan London

  • Berat badan sudah 6.3 kg dan tinggi 60 cm
    Saat kontrol London Luckie akan divaksin PCV Rotavirus, Prevenar, Potarix untuk mencegah radang otak dan diare.
  • Penglihatannya sudah bagus
    Dia sudah bisa melihat untuk jarak yang lumayan jauh, lampu yang jaraknya 2-3 meter dia sudah bisa melihat. Dia juga suka melihat benda-benda yang berwarna mencolok
  • Pendengaran
    Hampir sempurna. Kalau kita panggil dia, dia sudah bisa mencari sumber suara.
  • Sudah bisa diajak komunikasi
    Dia bisa berkomunikasi dan bisa mengekspresikan mimik wajahnya
  • Suka tersenyum
  • Lebih suka tidur
    Untuk tidurnya di malam sudah 5 jam sekali baru bangun
  • Kaki dan tangannya sudah kuat
  • Kepalanya sudah tegak
  • Duduknya sudah bisa tegak 1-2 menit
  • Tengkurapnya sudah bagus
    Dia bisa angkat kepala 1-2 menit dan kaki serta tangannya sudah bisa bergerak-gerak sembari tengkurap
  • Minum susu 160ml/2 – 3 jam
    Minumnya kuat dan nggak keluar-keluar bahkan nggak tersedak

Nah itu adalah perkembangan London, bagaimana dengan Luckie?

Perkembangan 3 bulan Luckie :

  • Berat badan 4.8 kg tingginya 56 cm
  • Penglihatan sudah bagus
    Dia sudah bisa merespon benda-benda di sekeliling dia
  • Pendengaran sudah lebih berkembang
    Walaupun sebenarnya belum sebagus London, tapi kadang mami pikir mungkin memang Luckie cuek kali ya moms.
  • Lebih suka main daripada tidur
    Dia tidur pada saat malam hari jam 8 sampai pagi hari
  • Kepalanya sudah bisa tegak
  • Sudah bisa duduk sambil senderan bantal selama 1-2 menit
  • Kulitnya lagi eksim
    Mami juga baru tahu kalau ternyata Luckie punya dermatitis atopik dan seboroik di seluruh tubuhnya
  • Kaki dan tangan sudah kuat
  • Suka berkomunikasi
  • Minum susu 100ml/3 jam
    Sudah mulai membaik nggak kayak pas usia 1 bulan moms. Dia sekarang minum jarang tersedak dan kalau tersedak dia nggak akan sampai biru banget. Nafasnya juga sudah membaik

Itu dia tahap perkembangan si Kembar London dan Luckie. See you di next perkembangan 4 bulannya London dan Luckie ya.

Growth

Tahap Perkembangan Bayi Prematur 2 Bulan

Onti uncle ada yang sudah kangen sama si Kembar London Luckie? Mau tahu perkembangan London Luckie di usianya yang ke-2 bulan? Langsung simak aja yuk, kali ini mami akan sharing tahap perkembangan bayi premature usia 2 bulan.

Perkembangan bayi prematur usia 2 bulan

London Kingston

  • Berat badan 5.1 kg
  • Tinggi badan 57 cm
  • Sudah suntik DPT (Difteri, Pertusis dan Tetanus)
  • Kepala sudah tegak bisa tahan 1-2 menit
  • London sudah bisa sedikit merangkak
  • Tangan dan kaki London sudah makin kuat
  • Bisa merespon benda-benda di sekeliling
  • Bisa mengenali ibunya
  • Tidurnya 3 jam sekali
  • Bisa minum susu 100 ml per 3 jam sekali, akhirnya London jadi sulit BAB nih moms, 2-4 hari sekali
  • Sudah bisa berbicara 1 kata
  • London masih kuning
  • London nggak suka mandi

Luckie Caesar

  • Berat badan 3.98 kg
  • Tinggi badan 53 cm
  • Sudah suntik DPT (Difteri, Pertusis dan Tetanus)
  • Kepala masih belajar untuk tegak
  • Masih belajar untuk merespon, Luckie masih kurang dalam merespon mainan di sekitarnya
  • Bisa mengenali ibunya
  • Tidur 3 jam sekali. Mulai lebih banyak main, di pagi hari jam 8-12 siang selebihnya dia akan tidur
  • Minum susu per 3 jam sekali 100 ml biasa dokter menganjurkan untuk 70-80 ml
  • 2 hari sekali BAB (lancar)
  • Tangan dan kaki Luckie sudah semakin kuat
  • Nafas mulai membaik dan jarang tersedak saat minum susu
  • Sudah bisa berekspresi
  • Punya masalah kulit, ruam dan eksim
  • Suka mandi beda sama London

Itu dia perkembangan si Kembar London dan Luckie. Gimana moms? Walaupun prematur tetap seperti bayi normal pada umumnya kan? Yuk lihat kelucuan si Kembar di video berikut ini.

Baby · Growth

Tahap Perkembangan Bayi Kembar Prematur Usia 1 Bulan

Hai moms kembali lagi di sesi #CurcolYukMom. Jadi pada kesempatan hari ini mommy akan update tentang tahap perkembangan bayi kembar prematur usia 1 bulan. Mommy memiliki 2 baby kembar yang pertama bernama London Kingston lahir dengan berat badan 2.8 kg, pada saat itu lahirnya di jam 9.05 di pagi hari.

Untuk London sendiri ketika lahir enggak ada biru-biru di kulitnya, dia lahir dengan sehat cuma awalnya London pada saat lahir sempat enggak nangis. Nah saat itu dokter sempat mengira bahwa London punya kelainan di bagian jantung atau paru-paru. Sempat diobservasi di ruang operasi, dikasih bantuan, dan kurang lebih 15 menti kemudian London akhirnya bisa nangis moms.

London sendiri enggak masuk NICU, dia baik-baik aja, paru-paru, jantung dan organ tubuh yang lain semuanya sehat. Jadi sekilas info, baby mommy lahir di usia 34 minggu jalan 35 minggu ya moms. London sendiri sehat enggak ada masalah apapun bahkan sampai pulang ke rumah, London minum susu juga teratur per 2 jam sekali sebanyak 20 ml. Walau awalnya sempat tidur terus tapi seiring berjalannya waktu, di 2 minggu pertama akhirnya London sudah bisa minum 40 ml per 2 jam. Kemudian sampai hari ini dia minumnya bisa 100 ml per 2-3 jam. London sukanya tidur. Jadi habis dia minum susu dia tidur dan dia cuma nangis ketika dia lapar dan popoknya basah aja moms.

Sekarang London di usia 1 bulan berat badannya sudah 3.6 kg, tinggi badannya 52 cm dan baru saja divaksin sama dokter. Setelah dicek semua oke banget cuma 1 masalahnya, London kulitnya itu sekarang agak sedikit kuning karena beberapa lama sudah enggak ada matahari kan moms enggak bisa berjemur, jadi agak kuning, kata dokter it’s okay karena mungkin sel darah merahnya lagi adaptasi sehingga membuat warna kulitnya London yang awalnya putih jadi kuning tapi nanti akan jadi putih lagi di usia kurang lebih 6 bulan.

Nah itu dia perkembangan 1 bulan London Kingston, selanjutnya mommy akan berikan perkembangan anak kembar kedua mommy yaitu Luckie Caesar. Luckie Caesar lahir di jam 9.08 di pagi hari, berat badannya 2.5 kg. Pada saat Luckie lahir badan semuanya biru, cuma pada saat lahir Luckie bisa nangis. Jadi sempat kita mengira Luckie itu baik-baik saja London yang bermasalah. Nah selang 15 menit kemudian Luckie tiba-tiba enggak bisa nangis, dan sesak nafas sedangkan London yang tadinya enggak bisa nangis jadi bisa nangis, nafasnya teratur, jantungnya juga oke.

Luckie pada saat lahir sudah sesak nafas akhirnya diputuskan oleh dokter untuk masuk NICU. Luckie masuk NICU selama 4 hari 3 malam. Selang dimana-mana, dia dibantu dengan alat pernafasan sampai sempat disinar biar kuningnya hilang. Selang 4 hari 3 malam, pas di tanggal 26 Desember malam hari mommy bisa bawa pulang Luckie Caesar. Pada saat itu Luckie dinyatakan sudah bisa nafas walaupun enggak normal banget tapi dia bisa nafas dengan teratur tanpa alat bantu nafas.

Setelah pulang Luckie punya masalah baru, matanya merah yang di sebelah kanan. Mommy kira kena alat atau apa ternyata pada saat lahir Luckie itu matanya juga biru. Nah dari biru itu berubah jadi merah, matanya itu merah di bagian bola mata kayak ada darah. Kurang lebih memakan waktu sampai usia Luckie 3 mingguan merah di mata berangsur hilang dan sudah bisa terbuka lebar.

Masalah mata merah selesai, ada masalah lain moms, Luckie itu sampai hari ini kalau minum susu capek banget, kasihan banget. Sempat beberapa hari yang lalu Luckie pada saat minum susu kesedak. Kesedak sebenarnya sudah sering ya moms terjadi tapi seringnya itu paling bibirnya biru, nah yang kemaren ini parah moms, pas mommy susuin dia kesedak sampai mukanya biru semua dan sempat nafasnya berhenti 3 detik.

Ya mommy jujur panik, mommy langsung berusaha untuk angkat punggung dia, tepuk-tepuk sambil berdoa. Akhirnya Luckie bisa nafas lagi moms, dan dia juga kayak trauma gitu, ketika dia sudah sadar dan dia masih lapar, dia mau minum susu tapi dia takut kelihatan dari wajahnya. Luckie takut, gimana mommy.

Setelah mommy konsultasi sama dokter, dokter berkata bahwa ini wajar untuk baby prematur, semakin awal usia baby lahir maka paru-parunya belum berkembang dengan sempurna. Otomatis hal seperti dia minum susu sesak nafas dan kesedak itu pasti ada, cuma kita sebagai ibu bisa meminimalisir dengan cara kita kasih susunya pelan-pelan, saat kita menyusui posisinya kita tinggikan, jangan biarkan anak nyedot kencang banget. Tapi kalau sudah sampai tersedak kita langsung buru-buru naikin posisi punggungnya, dan ditepuk-tepuk.

Luckie di umur 1 bulan sudah vaksin juga bersama London dan sekarang berat badannya 2.8 kg, tingginya 48 cm dan untuk segala macamnya masih oke kecuali nafasnya aja. Dari dokter minta mommy naikkan berat badannya sebanyak mungkin biar paru-parunya bisa berkembang layaknya baby normal.

Inilah perkembangan London dan Luckie si kembar prematur di usia 1 bulan. Kemarin ini kita juga baru merayakan 1 bulanan London dan Luckie. Doain ya aunty uncle semoga baby kembar mommy tumbuh sehat dua-duanya. See you di next perkembangan baby kembar mommy usia 2 bulan.

Baby · Growth

Bayi 18 Bulan Makan Sendiri Pakai Sendok Sudah Bagus

Salah satu perkembangan anak yang penting adalah belajar makan sendiri. Mengajari anak makan memang enggak gampang ya moms, tapi enggak baik juga untuk perkembangan anak kalau kita terus menerus menyuapinya. Maka dari itu penting bagi kita untuk mengajarkan makan sendiri secara bertahap sampai dia lancar menggunakan peralatan makanannya sendiri.

Nah kalau Louisse di umurnya yang ke 18 bulan, dia sudah bisa makan sendiri menggunakan sendok. Makannya sudah rapi juga moms. Dia sudah bisa menyendok makanannya sendiri dari mangkok menggunakan sendok dan memasukkannya ke dalam mulut dengan rapi. Jadi dia sudah enggak mau lagi kalau disuapin di usianya yang ke 18 bulan.

Berikut ini adalah cuplikan pintarnya baby Louisse makan sendiri dengan lahap, yuk ditonton moms.

Growth

Baby Louisse 15 Bulan Sudah Pintar Ngomong Moms! Kunci Baby Cepat Bicara

Pernah enggak sih moms kita sebagai orangtua membandingkan anak kita dengan anak teman atau anak tetangga kita karena perkembangan dan pertumbuhannya berbeda? Ketika anak tetangga sudah bisa berjalan anak kita belum, ketika anak tetangga sudah bisa berbicara anak kita belum, padahal umurnya sama.

Kita memang tidak boleh membanding-bandingkan anak kita dengan anak orang lain ya moms, tapi tidak bisa dipungkiri ketika perkembangan anak kita tertinggal pasti ada rasa sedikit cemas. Nah moms, kita sebagai orangtua seharusnya tidak perlu membandingkan tapi kita seharusnya mencari cara agar si Kecil tidak tertinggal perkembangannya.

Agar si Kecil cepat berbicara kalau mommy cara merangsangnya adalah dengan kita rajin mengajak dia berbicara. Walaupun kita enggak tahu dia berbicara apa, dan mungkin si Kecil juga tidak paham apa yang kita bicarakan tapi jangan malas untuk terus mengajak si Kecil berbicara moms. Setiap saat, setiap waktu ketika dia tidak tidur ajaklah berbicara moms nanti lama kelamaan anak kita pasti bisa mulai berbicara juga. Intinya kita sebagai orangtua jangan malas ya.

Nah berikut ini cuplikan ketika mommy dan daddy terus menerus mengajak baby Louisse berbicara ketika dia belum bisa berbicara. Yuk lihat keceriwisan baby Louisse di video berikut ini.

Baby · Growth

Tahap Perkembangan Bayi 21 Bulan, Sudah Bisa Sikat Gigi Sendiri

Hai aunty uncle ketemu sama mommy dan Loewy. Kali ini mommy mau update mengenai tahap perkembangan baby umur 21 bulan. Seperti apa perkembangan Uwi di 21 bulan? Yuk simak sharing mommy berikut ini.

Tahap perkembangan baby 21 bulan

  1. Berat Badan
    Berat badan Uwi sudah 13.80 kg nih moms
  2. Gigi
    Gigi Uwi sudah tumbuh 16 buah
  3. Mengenal Anggota Tubuh
    Uwi sudah bisa mengenal berbagai bagian tubuh moms
  4. Menggabungkan 2 kata
    Uwi sudah bisa berbicara dengan menggabungkan dari 2 kata
  5. Melompat, Menendang dan Melempar Bola
    Uwi sudah bisa melompat, menendang dan melempar bola, jadi dia sudah bisa main bola bareng cece Louisse deh
  6. Bisa Sikat Gigi Sendiri
    Uwi sudah jago sekarang sekarang sikat gigi sendiri
  7. Sudah Bisa Mencuci dan Mengelap Tangan
  8. Menirukan Suara Dino
    Uwi suka banget
  9. Makannya Pintar
  10. Pelafalan Makin Bagus
    Uwi sudah banyak menghafal kosakata baru dan pengucapannya juga makin bagus
  11. Uwi Suka Bermain
  12. Suka Irama Musik
    Dia suka banget sama musik dan lagu moms
  13. Uwi Lincah Banget

That’s all tahap perkembangan Uwi di usia 21 bulan. See you di next tahap perkembangan Uwi yang ke 22 bulan.